web analytics

“A historic event” atau “an historic event”?

Orang seringkali percaya bahwa mereka harus menggunakan indefinite article “an” di depan kata seperti historic, horrific atau hotel. Apakah mereka benar atau salah? Haruskah Anda menulis “an historic event” atau “a historic event”?

An adalah sebuah bentuk dari indefinite article yang digunakan sebelum sebuah suara vokal yang diucapkan: tidak peduli bagaimana kata itu ditulis. Jadi, kita menulis “an honour”, “an hour”, “an heir” sebagai contoh karena huruf “h” dalam tiga kata itu tidak diucapkan. Berlawanan dengan kata “a hair” atau “a horse” karena dalam kasus ini huruf “h” diucapkan.

Lantas bagaimana ketiga kata yang kita diskusikan: historic, horrific, dan hotel? Jika hotel diucapkan tanpa mengucapkan huruf “h” (misalnya diucapkan “otel”) maka tentunya benar bila kita menambahkan kata “an” didepannya. Hal yang sama berlaku untuk kata “historic” dan “horrific”. Jika “horrific” diucapkan “orrific” dan “historic” diucapkan “istoric” maka tetap bila kita menulis “an istoric occasion” atau “an orrific accident”. Pada abad ke-18 dan ke-19 orang-orang seringkali mengucapkan kata-kata ini dengan cara seperti itu.

Tapi sekarang, ketiga kata tersebut diucapkan dengan “h” diawalnya dan oleh karena itu lebih logis bila kita menulis “a hotel”, “a historic event”, atau “a horrific accident”.

Sumber: Oxford Dictionary.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.