web analytics

Apa Itu Tense?

Tense (noun): sebuah bentuk kata kerja yang mengindikasikan waktu dan kadang-kadang proses aksi atau selesainya sebuah aksi terkait dengan waktu saat seseorang bicara.

Tense adalah sebuah metode yang kita gunakan dalam Bahasa Inggris untuk membicarakan waktu—masa lalu, kini dan masa depan. Banyak bahasa yang menggunakan tense untuk berbicara mengenai waktu. Sementara bahasa lain tidak memiliki tense, tapi mereka menggunakan metode lain untuk berbicara mengenai waktu.

Jadi, dalam bahasa Inggris kita menggunakan tense bila kita berbicara mengenai waktu. Tapi, ada hal yang harus kita perhatikan:

-Kita bisa berbicara mengenai waktu tanpa menggunakan tense (contoh: going to adalah bentuk frasa khusus untuk berbicara mengenai aksi yang terjadi di masa depan, tapi bukan sebuah tense).

-Satu tense tidak selalu berbicara mengenai satu waktu.

Berikut beberapa istilah terkait kata kerja dan tense:

Mood

Indicative mood mengekspresikan sebuah pernyataan sederhana tentang suatu fakta, yang bisa bermakna positif (affirmative) atau negatif.

I like chocolate.

-I do not like chocolate.

Interrogative mood mengekspresikan sebuah pertanyaan

-Why do you like chocolate?

Imperative mood mengekspresikan sebuah perintah

Get up!

Subjunctive mood mengekspresikan apa yang dibayangkan atau diharapkan juga sebuah kemungkinan

-The chair man ordered that he attend the launching.

Voice

Voice menunjukkan hubungan antara subyek dengan aksi. Dalam active voice, subyek melakukan aksi (owls eat mice). Dalam passive voice, subyek menerima atau menjadi sasaran sebuah aksi (mice eaten by owls). Kita bisa menggunakan voice untuk menolong kita mengubah fokus perhatian.

Aspect

Aspect mengekspresikan sebuah fitur aksi yang terkait dengan waktu seperti penyelesaian aksi atau durasi. Present simple dan past simple tidak memiliki aspek, tapi jika kita ingin memakai tense lain untuk menekankan bahwa:

-Aksi atau kondisi yang digambarkan oleh kata kerja sudah selesai (dan seringkali masih relevan). Sebagai contohnya: I have sent the invoice to Joni. (Jadi Joni sekarang punya invoice-nya).

Hal ini disebut perfective aspect, menggunakan perfect tense.

-Aksi atau kondisi yang dibicarakan oleh kata kerja sedang berlangsung (atau belum selesai). Contoh:

We are talking. (Kami sedang berbicara. Hal ini disebut progressive aspect, menggunakan continous tenses).

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.