web analytics

Proofread Tulisan Anda dengan SpellCheckPlus

Setelah kita selesai menulis esai, artikel atau tulisan dalam bentuk apapun dalam Bahasa Inggris, tentunya kita perlu melakukan proses proofread. Proses proofread adalah proses di mana kita membaca tulisan kita untuk menemukan kesalahan baik dalam hal ejaan hingga kesalahan grammar.

Proses ini bisa menjadi proses yang menantang bagi mereka yang baru saja belajar Bahasa Inggris karena mereka bisa jadi masih bingung dengan aturan-aturan grammar. Bila mereka masih bingung dengan aturannya, bagaimana mungkin mereka bisa mengoreksi tulisan mereka karena mereka tidak tahu letak kesalahan tulisan mereka.

Salah satu cara yang bisa dipakai adalah menggunakan software atau aplikasi grammar checker. Sayangnya software atau aplikasi ini seringkali berbayar alias tidak gratis. Bila kalian punya koneksi internet di rumah (atau kampus), maka situs SpellCheckPlus.com ini bisa dicoba.

Situs ini memiliki tampilan yang sederhana. Begitu kalian mengaksesnya, kalian akan melihat sebuah kolom berukuran sedang di tengah halaman situs. Dan di kolom itu terlihat tombol-tombol editing serupa dengan yang kita lihat di software Microsoft Word.

spellcheckplus

Spellcheckplus

SpellCheckPlus.com berfungsi sebagai grammar checker dan menawarkan proses proofread secara gratis. Tentunya layanan gratis mereka memiliki batasan, misalnya hanya bisa menolong kalian mengoreksi grammar sebuah tulisan sepanjang 250 karakter. Bila kalian ingin mengoreksi tulisan dengan lebih leluasa (tanpa iklan, tanpa batasan karakter, latihan grammar interaktif, dll) maka kalian bisa mendaftar menjadi member dengan biaya $15 (Rp200 ribu) setahun.

Untuk menggunakan SpellCheckPlus.com, kalian hanya tinggal menyalin teks yang ingin kalian koreksi dan tekan tombol “Check Text” di bagian kanan bawah. Maka kalian akan melihat tulisan “Checking in progress, please wait!” yang berarti tulisan sedang dicek.

Kalian akan melihat tulisan kalian berubah menjadi tiga warna: kuning, merah dan hitam. Tulisan warna kuning berarti di dalam tulisan itu terdapat kesalahan grammar. Bila kalian mendekatkan pointer mouse ke area kalimat itu, akan muncul pilihan koreksi. Warna merah berarti ada kesalahan ejaan. Dekatkan pointer mouse untuk melihat pilihan ejaan yang benar. Sementara tulisan hitam berarti tidak ada masalah atau kesalahan.

Sayangnya proses koreksi harus kalian lakukan secara manual. Kelemahan lain adalah seperti halnya layanan serupa, koreksi yang diberikan tidak kontekstual, atau hanya bersifat dasar. Kalian bisa membaca keterangan kenapa sebuah kalimat atau kata salah dan pilihan untuk mengkoreksinya termasuk penjelasan grammar sederhana. Kalian harus memilih bagaimana mengkoreksi tulisan itu sendiri.

Layanan ini memiliki keunggulan karena penjelasannya sederhana tanpa menggunakan istilah-istilah teknis yang membingungkan. Oleh karena itu situs ini cocok digunakan untuk melatih grammar kalian. Cobalah berlatih menulis dalam Bahasa Inggris setiap hari dan gunakan SpellCheckPlus.com untuk mengoreksi tulisan kalian. Lambat laun, materi grammar yang seringkali susah diingat dan dipelajari akan mulai tertanam di kepala kalian.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.