web analytics

Tips Cara Menjawab Soal Comprehension Dalam Ujian

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi siswa saat menghadapi ujian bahasa Inggris adalah menjawab soal comprehension. Dalam soal jenis ini, para siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dibuat berdasarkan sebuah bahan bacaan yang tertulis di dalam ujian itu.

Kita tidak pernah tahu apa yang mungkin ditanyakan dalam tes model ini. Kadang-kadang pertanyaannya juga adalah pertanyaan jebakan, sehingga kalau para siswa kurang hati-hati maka mereka akan memilih jawaban yang salah. Seringkali tes ini sangat menantang karena ada banyak kata yang tidak dimengerti para siswa. Nah lantas bagaimana mengatasi jenis soal seperti ini?

Baca juga: Tips menjawab pilihan ganda (multiple choice).

1. Kembangkan sistem belajar yang benar

Jauh-jauh hari sebelum kalian akan menghadapi ujian, kalian harus mempersiapkan diri terlebih dahulu. Kembangkan atau belajarlah sistem yang bisa membantu kalian untuk memahami bahan bacaan dalam soal comprehension. Salah satu metode yang ada adalah metode SQ3R. Metode ini berasal dari kata Survey, Question, Read, Recite dan Review.

Survey: Bacalah bahan bacaan untuk mencari petunjuk-petunjuk dalam bentuk huruf yang dicetak tebal atau huruf yang dicetak lebih besar, judul, sub judul dan lain-lain sebelum Anda membaca tulisan itu lebih dalam.

Question: Buatlah pertanyaan dalam hati tentang bahan bacaan itu. Tujuan pertanyaan-pertanyaan ini supaya kalian bisa memahami isi bacaan.

Read: Baca dengan seksama untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang Anda buat sebelumnya.

Recite: Berhentilah secara berkala untuk mengutip (membuat versi sendiri dari tulisan yang kalian baca) di dalam hati demi memahami tulisan itu lebih lanjut. Lalu buatlah catatan untuk membantu ingatanmu.

Review: Baca ulang catatan yang kamu buat tentang isi bacaan sembari berusaha mengingat kembali semua yang kamu baca.

2. Kembangkan vocabulary

Mau tidak mau kalian harus memperbanyak vocabulary (kosa kata/ perbendaharaan kata) dalam bahasa Inggris. Seandainya memungkinkan, cobalah teliti soal-soal ujian selama lima tahun terakhir di sekolah, dan lihatlah topik-topik yang dijadikan soal comprehension. Tema apakah yang selama ini dijadikan soal? Apakah kalian bisa menemukan kesamaan?

Bila ternyata tema yang diambil selalu sama atau berkaitan, kalian bisa mempersiapkan diri dengan cara mengembangkan vocabulary terkait dengan tema yang diangkat. Bila misalnya, soal comprehension ternyata memiliki tema urban legend atau cerita rakyat entah lokal atau cerita rakyat di Inggris atau Amerika, maka kumpulkan cerita-cerita terkait dengan urban legend. Sekarang internet bisa diakses di mana saja, sehingga kalian bisa mencari bahan-bahan bacaan secara gratis.

Catatlah kata-kata yang tidak dimengerti dan hafalkan itu. Gunakan metode ini untuk menghafalkan kata-kata dan metode ini supaya kalian tidak mudah lupa.

Kalian juga harus mulai belajar mengembangkan vocabulary dengan cara memahami dan menghafalkan kata-kata yang paling umum digunakan dalam bahasa Inggris (most common words) seperti dalam daftar ini. Dengan demikian kalian memiliki amunisi untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Baca juga:Kata-kata apa saja yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris?

3. Perluas bahan bacaan

Jangan berhenti hanya pada persiapan dan prediksi saja, karena bisa salah. Perluas bahan bacaan dengan membaca cerita bahasa Inggris dari berbagai genre, tingkat kesulitan dan jenis tulisan. Latih otak kalian untuk mengembangkan diri. Saat kalian terbiasa membaca tulisan dengan level yang lebih tinggi dari yang biasa kalian hadapi di kelas, otak akan terpacu untuk bekerja dan belajar lebih keras. Lambat laun, vocabulary kalian akan meningkat dengan sendirinya. Dan soal-soal comprehension bisa diatasi dengan lebih mudah.

4. Rangkum cerita

Rangkum poin-poin penting saat kalian berlatih untuk tes jenis ini. Rangkumlah informasi penting dalam setiap paragraf atau bagian dalam pernyataan singkat di pinggir soal. Carilah kata-kata penting, frasa atau ide utama dari setiap bagian. Hal ini melatih otak dan cara berpikir kamu.

5. Kumpulkan berbagai soal

Carilah berbagai soal ujian terutama soal komprehensi baik lewat internet atau di perpustakaan. Cobalah berlatih menjawab soal-soal itu. Sekarang ini ada situs-situs yang menyediakan soal latihan bahasa Inggris online dengan fitur untuk secara otomatis mengecek skor jawabanmu. Bahkan ada juga fitur yang menyediakan penjelasan. Manfaatkanlah situs-situs semacam ini untuk berlatih.

Beberapa situs bahkan menyediakan penilaian untuk mengetahui kelemahan-kelemahanmu dalam menjawab soal komprehensi. Manfaat situs-situs semacam ini supaya kemampuan kalian meningkat pesat.

6. Belilah buku soal-soal

Belilah ebook atau buku cetak yang berisi latihan-latihan soal dan pembahasannya. Dengan membeli buku ini, kalian bisa berlatih di mana saja dan kapan saja. Lebih bagus lagi kalau kalian membeli buku yang juga menyertakan teknik atau metode untuk mengembangkan kemampuan memahami dan membaca (reading) kalian.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.