web analytics

Apa Itu Noun (Kata Benda)?

Noun (kata benda) adalah bagian dari parts of speech. Noun adalah nama untuk orang, tempat, benda atau ide. Kebanyakan siswa (atau mereka yang belajar bahasa Inggris) tidak memiliki masalah untuk memahami bahwa noun adalah nama untuk orang, benda atau tempat. Tapi mereka bingung dengan definisi ide. Contoh ide adalah liberty (kebebasan), freedom (kemerdekaan), love (cinta), hate (benci), enslavement (penindasan), hyperactivity (hiperaktitivas), intelligence (intelejensia), stupidity (kebodohan) dan lain-lain.

Kunci memahami konsep noun sebagai ide adalah memahami perbedaan antara concrete noun dan abstract noun.

  • Concrete noun: Sebuah concrete noun adalah sesuatu yang Anda bisa pahami dengan lima pancaindera. Anda bisa menyentuh sebuah kursi (chair) , mencium parfum (perfume) , melihat dinosaurus (dinosaur) , mendengar radio atau merasakan hamburger. Chair, prefume, dinosaur, radio dan hamburger adalah concrete noun.
  • Abstract noun: Sebuah abstract noun tidak bisa ditangkap dengan panca indera. Mereka adalah ide yang disebut di atas. Hanya karena kalian tidak bisa menyentuh, merasakan, mendengar, melihat atau mencium sebuah ide bukan berarti ide itu bukan noun. Abstract noun seringkali disimbolkan oleh concrete noun. Sebuah flag (bendera), contohnya, adalah concrete noun yang mungkin menyimbolkan abstract noun seperti freedom atau liberty. Sebuah cincin (ring) adalah sebuah concrete noun yang mungkin menyimbolkan abstract noun seperti commitment atau love.

Noun bisa dibagi menjadi proper noun atau common noun.

  • Common noun: Sebuah common noun menjadi nama untuk orang, tempat, benda atau ide secara umum. Woman, river, car dan freedom adalah contoh common noun. Common noun ditulis dalam huruf besar jika mereka dipakai di awal kaliwat atau sebagai bagian dari judul.
  • Proper noun: dipakai untuk menamai orang, tempat, benda atau ide tertentu. Hillary Clinton, Mississippi River dan Volkswagen adalah contoh proper noun. Proper noun ditulis dengan huruf kapital, kecuali untuk nama-nama yang memang ditulis dengan huruf kecil, misalnya iOS, iPhone, craiglist, dll.

Selalu ingat bahwa saat membahas parts of speech bahwa sebuah parts of speech menunjukkan bagaimana sebuah kata berfungsi dalam sebuah kalimat. Seringkali kata-kata bisa terlihat seperti noun padahal tidak. Contohnya kalimat:
Walk into a brick building.

Kita mungkin berpikir bahwa kata brick adalah noun. Brick adalah benda, tapi dalam kalimat ini dia tidak berfungsi sebagai sebuah benda. Kata itu berfungsi sebagai adjective (kata sifat). Kata itu berfungsi sebagai kata sifat untuk kata building.

Begitu pula kadang-kadang beberapa kata tertentu terlihat seperti bagian dari parts of speech lainnya pada berfungsi sebagai noun.

  • Gerunds: gerunds adalah kata-kata yang terlihat seperti verb karena berakhiran -ing, tapi berfungsi sebagai noun. Dalam kalimat “running is good exercise”, banyak orang berpikir bahwa running adalah sebuah verb (kata kerja). Padahal running di sini adalah sebuah noun.
  • Suffix: beberapa suffix mengubang kata-kata yang berfungsi sebagai bagian lain dari parts of speech menjadi noun. Contoh umumnya termasuk ment, ness, ity, ence, ance, hood, ship.

 

Topik yang dicari:

  • apa itu noun
  • apa itu nouns
  • maksud nouns
  • apa itu noun?
  • maksud noun
  • noun itu apa
  • noun adalah
  • apa maksud nouns

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.