web analytics

Aplikasi iPhone: Murphy’s English Grammar in Use

Saya mulai belajar bahasa Inggris sejak SMP (sekolah menengah pertama). Kurikulum bahasa Inggris yang digunakan waktu itu adalah British English. Tapi hingga kuliah, saya tidak mengerti tentang grammar. Sehingga setiap kali ujian bahasa Inggris, nilai saya tidak pernah lebih dari 6 (dari total angka 10). Untung daftar kosakata (vocabulary) saya cukup baik sehingga bisa mendapat nilai seperti itu.

Tapi sekarang saya bisa memahami hampir 80-90 persen materi grammar yang dulu tidak saya pahami. Padahal dulu saya sudah mencoba memahami berbagai pokok bahasan grammar: tense, gerund, modal, parts of speech dll. Kamus, buku modul pelajaran bahasa Inggris pun ada banyak. Namun sekalipun saya sudah mencoba membaca penjelasan di buku-buku itu saya tetap susah mengerti.

Nah, entah bagaimana saya memperoleh buku karangan Raymond Murphy ini, English Grammar in Use terbitan Cambridge University Press Seingat saya, seorang guru bahasa Inggris dari Filipina, teman saya belajar bahasa Inggris online yang menyarankan buku ini.

Beli juga buku-buku ini: English Grammar in Use, Essential English Grammar in Use dan Basic Grammar in Use.

Dalam versi buku, setiap pokok bahasan dalam grammar dijelaskan secara sederhana dengan banyak contoh. Setelah itu, ada beberapa kuis atau soal yang harus dikerjakan. Kunci jawaban ada di bagian akhir buku.

Sekalipun ditulis dalam bahasa Inggris dan dengan penjelasan sederhana, namun penjelasan yang ditulis Raymond cukup mudah dipahami dan bahkan menjadi buku pertama yang membuat saya mulai memahami grammar. Pantas saja buku ini menjadi buku best selling dan kerap dianjurkan oleh para guru untuk para siswanya.

Nah, bila kalian memiliki iPhone atau iPad, ada sebuah kabar gembira (tenang, ini bukan soal ekstrak kulit manggis) karena Cambridge merilis aplikasi untuk iPhone dan iPad, Murphy’s English Grammar in Use. Format aplikasi ini tentunya berbeda dengan format buku (yang sebetulnya agak jadul).

Sampul Aplikasi Murphy's English Grammar in Use.

Sampul Aplikasi Murphy’s English Grammar in Use.

Aplikasi ini untuk tingkat intermediate. Dalam edisi Starter Pack, ada enam unit pelajaran grammar (Present dan Past Tense) masing-masing disertai penjelasan yang jelas dan latihan interaktif. Ada juga daftar definisi terkait kata grammar (glossary) dan sebuah Study Guide yang menolong kalian menentukan unit pelajaran mana yang perlu dipelajari.

Aplikasi ini tidak gratis melainkan berbayar dengan harga Rp12 ribu. Setelah itu ada juga pilihan in-app purchase (artinya pembelian di dalam aplikasi). Bila di Starter Pack, terdapat 6 unit, kalian bisa membeli seluruh unit bahasan grammar (sekitar 145 unit) yang kalian butuhkan.

Contoh daftar materi.

Contoh daftar materi.

Keunggulannya membeli aplikasi ini adalah karena bisa dibawa kemana pun selama kamu membawa iPhone atau iPad. Tentunya terlihat lebih keren dibandingkan dengan membawa buku grammar kemana-mana. Selain itu ada juga kuis atau tes interaktif. Kalian bisa mengecek skor kalian dan mengetahui jawaban-jawaban yang benar. Cocok sekali untuk melatih diri bahkan tanpa bantuan orang lain.

Contoh penjelasan materi grammar.

Contoh penjelasan materi grammar.

Informasi:

Ukuran: 61,6MB

Versi: 1.3

Kompatibilitas: Untuk iPhone dan iPad, iOS 6 ke atas

Harga: Rp12 ribu

Beli Murphy’s English Grammar in Use.

 

Topik yang dicari:

  • kunci jawaban english grammar in use

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.