web analytics

Belajar Adjective (Kata Sifat)

Adjective adalah kata yang dipakai untuk menggambarkan kata-kata lain. Kata-kata seperti large (besar), grey (abu-abu) dan friendly (bersahabat) adalah contoh dari adjective. Dalam contoh di bawah ini, kata-kata adjective dipakai untuk menggambarkan gajah (elephant):

Contoh:

-Large elephant

-Grey elephant

-Friendly elephant

Elephant (gajah) adalah noun (kata benda). Sementara kata-kata seperti large, grey dan friendly adalah adjective, dipakai untuk menggambarkan karakteristik dari gajah.

Adjective mengubah atau memodifikasi noun

Seperti penjelasan di atas, elephant adalah noun. Adjective (kata sifat) ditambahkan pada noun untuk menyatakan jenis, warna atau jumlah dari noun (kata benda). Adjective memodifikasi atau mengubah noun dan perlu ditambahkan untuk membuat arti sebuah kalimat lebih jelas atau lebih tepat.

Contoh:

-Follow the blue cab. (Dalam contoh ini, kata adjective blue dipakai untuk memodifikasi kata noun cab.)

-Budi caught a large fish. (Dalam contoh ini, kata adjective large dipakai untuk memodifikasi kata noun fish.)

Adjective Memodifikasi Pronoun

Walaupun jarang terjadi, tapi adjective juga bisa memodifikasi atau mengubah pronoun (kata ganti orang).

Contoh:

-It is a red one. (Dalam contoh ini, kata adjective blue memodifikasi pronoun one).

Berbagai jenis adjective

Adjective atau kata sifat adalah kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan kata-kata lain. Akan tetapi, ada banyak kata adjective yang tidak begitu mudah digolong-golongkan.

Possessive Adjective

Possessive adjective digunakan untuk menunjukkan possesion atau kepemilikan. Contoh kata-kata ini adalah my, your, his, her, its, our and their.

Articles

Kata-kata seperti a, an dan the dikenal sebagai articles. Mereka digolongkan ke dalam adjective. A dan an disebut sebagai indefinite articles karena mereka digunakan untuk menunjukkan orang atau benda yang tidak spesifik. The disebut sebagai definite article karena mengindikasikan pada orang atau benda tertentu.
-A cup (bisa berupa mangkok apapun).

-The cup (sebuah mangkok spesifik).

Demonstrative Adjective

Demonstrative adjective digunakan untuk mendemontrasikan atau mengindikasikan atau menunjukkan hal-hal spesifik. Kata-kata seperti this, that, these dan those adalah demonstrative adjective.

-Can you please give me that pen? (Kata that dalam kalimat ini adalah demonstrative adjective. Menunjukkan pada pena tertentu).

Indefinite Adjective

Berbeda dari demonstrative adjective,yang mengindikasikan hal-hal tertentu, indefinite adjective tidak menunjukkan hal-hal spesifik. Mereka dibentuk dari indefinite pronoun. Indefinite adjective yang paling umum adalah no, any, many, few dan several.
-People have heard many leaders make the same promise. (Kata many dalam contoh ini adalah indefinite adjective yang mengubah kata noun leaders).

Angka

Angka digolongkan ke dalam adjective juga.

Contoh:

-He has two dogs. (Kata adjective two memodifikasi kata noun dogs.)

Topik yang dicari:

  • kata sifat untuk menggambarkan orang
  • kalimat adjective tentang gajah

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.