web analytics

Belajar IPA Supaya Fasih Bicara Bahasa Inggris

International Phonetic Alphabet atau IPA, akan menolong kita untuk belajar cara mengucapkan setiap kata dalam Bahasa Inggris dengan benar. Tapi sebelumnya, kita perlu belajar apa itu IPA dan bagaimana menggunakannya.

Bahasa Inggris mungkin hanya memiliki 26 huruf, tapi ada lebih dari 40 suara berbeda di dalamnya. Kita perlu memahami dan mengenali setiap suara dan cara pelafalan (pronunciation) yang benar untuk setiap suara sehingga kita bisa berbicara dalam Bahasa Inggris secara alami dan fasih.

Jadi bagaimana kita bisa belajar berbagai suara dalam Bahasa Inggris? Ada sebuah sistem khusus yang menggunakan sekelompok simbol untuk mewakili masing-masing suara. Sistem ini disebut IPA di atas.

Berikut tampilan grafis atau bagan IPA:

ipa

International Phonetic Alphabet (EnglishClub.com).

Beberapa istilah dalam IPA:

Phonetic

Berarti penggunaan tanda khusus untuk mewakili suara. Kata ini berasal dari Bahasa Yunani “phone” yang berarti “suara”.

Vowel

Vowel adalah suara yang kita ciptakan saat nafas mengalir keluar lewat mulut secara bebas tanpa diblok atau dihalangi. Huruf a, e, i, o, u disebut vowel (huruf vokal) karena masing-masing dibuat dengan cara di atas. Vowel berasa dari Bahasa Latin, vox yang berarti suara.

Diphthong

Adalah suara vowel yang dibuat dengan cara mengucapkan dua vowel secara cepat. Contohnya, “loud” adalah diphthong karena saat kita mengucapkannya ada vowel o dan u yang kita ucapkan secara cepat. Dipthong berasal dari Bahasa Latin diphthongus yang berarti dua suara.

Consonant

Adalah suara yang kita buat selain suara vowel. Nafas kita terhalang atau diblok sehingga tidak keluar dari mulut dengan bebas. Sebagai contoh suara B dibuat saat nafas keluar tapi dihalangai oleh bibir. Semua huruf dalam Bahasa Inggris yang bukan huruf vokal disebut consonant (huruf mati). Huruf itu adalah b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, z.

Topik yang dicari:

  • cara membaca ipa
  • lagu inggris beserta tanda baca vowel

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.