web analytics

Cara Menggunakan Kamus Untuk Melatih Pronunciation

Sebuah kamus Bahasa Inggris yang baik menolong kalian melatih pronunciation (pelafalan) dalam dua cara utama:

1. Menunjukkan pelafalan fonetis (phonetic pronunciation) dari setiap kata

Hal ini berarti bahwa kalian bisa mengetahui bagaimana mengucapkan setiap kata bahkan jika kalian tidak memiliki akses ke seorang native speaker atau audio dari kata itu.

Untuk mengetahui bagaimana mengucapkan sebuah kata, lihatlah transkripsi fonetis dari sebuah kata (yang biasanya ditulis tepat setelah kata di kamus).

Contohnya, tepat di sebelah kata “bed” di kamus, kalian bisa melihat transkripsi fonetis tertulis /bed/.

Di awal kamus (misalnya kamus Longman Dictionary of Contemporary English) kalian bisa melihat daftar fonetis. Dalam daftar itu, kalian bisa melihat pronunciation dari setiap suara. Jadi /b/ diucapkan seperti saat kita mengucapkan kata “back”, /e/ seperti suara dalam kata “bed” dan /d/ seperti dalam kata “day”.

Daftar pelafalan ini menunjukkan huruf konsonan dan vowel (vokal). Huruf vokal dibagi menjadi suara pendek, panjang dan dipthong (berarti dua suara vokal bersama). Hal ini berarti jika kalian menemukan sebuah kata baru, kalian bisa belajar bagaimana mengucapkannya, suara demi suara.

2. Kamus menunjukkan word stress atau penekanan kata

Word stress adalah sebuah elemen vital dalam pronunciation dalam Bahasa Inggris. Dalam kata-kata yang memiliki lebih dari satu suku kata (syllable), kalian perlu tahu suku kata mana yang perlu ditekankan. Jika kalian memberikan penekanan pada suku kata yang salah, maka orang lain bisa salah paham.

Kalian bisa mengecek penekanan sebuah kata dengan melihat tanda apostrof ‘. Dalam transkripsi fonetis sebuah kata, syllable (suku kata) yang ada di sebelah tanda ‘ adalah suku kata yang mendapatkan tekanan.

‘veg-ta-ble (suku kata pertama “veg” memperoleh tekanan)

ve-ge-‘ta-ri-an (suku kata ketiga “ta” memperoleh tekanan)

Sumber: English at home.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.