web analytics

Enam Suara Dalam Bahasa Inggris yang Susah Diucapkan

Dalam artikel “7 Tips untuk Mengembangkan Pronunciation” kita belajar bahwa dalam Bahasa Inggris terdapat sekitar 52 suara. Bila kita ingin bisa mengucapkan kata dan kalimat dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar, kita perlu belajar mengucapkan 52 suara itu.

Tapi rupanya masing-masing orang yang belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing di masing-masing daerah memiliki kesulitan tersendiri untuk mengucapkan beberapa suara dari 52 suara itu. Begitu juga orang Indonesia yang ingin mengembangkan skill speaking mereka. Menurut penelitian yang dilakukan Rustipa pada tahun 2003, para siswa di Indonesia memiliki kesulitan untuk mengucapkan enam suara yaitu [θ, ð], [∫, З], [t∫, dЗ ]. Kesulitan ini dikarenakan dalam bahasa nasional dan bahasa daerah, keenam suara itu tidak ada atau berbeda. Dari enam suara itu ada tiga suara yang dikatakan voiceless (tak bersuara) yaitu [θ,∫, t∫] dan ketiga lainnya adalah voiced (atau bersuara) yaitu [ ð,З, dЗ ].

Bila kalian membaca tips untuk mengembangkan pronunciation, salah satu langkah untuk mengembangkan kemampuan pronunciation dan speaking kita adalah dengan fokus pada suara-suara yang sulit diucapkan ini sembari belajar suara yang lain.

<Next>Suara [θ, ð]

Topik yang dicari:

  • bahasa inggris yang susah diucapkan
  • bahasa inggris yang susah di ucapkan
  • bahasa inggrisnya susah untuk dikatakan
  • policy diucapkan
  • suara yang sulit dilafalkan dalam bahasa inggris

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.