web analytics

6 Tips Memilih Kata Saat Menulis Bahasa Inggris

4. Ada banyak jenis Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa dunia dengan berbagai bangsa menggunakannya misalnya ada Canadian English, Australian English, British English dan American English. Paling tidak ada dua yang umum digunakan yaitu American dan British. Ada perbedaan ejaan (spelling) dalam keduanya misalnya color/colour, center/centre. Ada juga perbedaan penggunaan kata, walaupun kadang-kadang tidak mencolok.

Untuk memastikan bila sebuah kata atau idiom hanya dipakai dalam salah satu jenis Bahasa Inggris, gunakan kamus untuk memastikannya. Misalnya istilah current account dalam istilah perbankan dipakai dalam British English, sementara checking account dipakai oleh American English. Kalian juga harus mengatur spellchecker atau grammar checker untuk menyesuaikan dengan jenis Bahasa Inggris.

Setelah itu kalian harus konsisten memilih satu jenis Bahasa Inggris dan jangan mencampurnya. Bila kalian ingin menggunakan gaya British English, maka gunakan aturan spelling dan grammar dalam British English secara konsisten dan jangan mencampurnya dengan gaya Bahasa Inggris lain.

<Next> 5. Gunakan vocabulary yang inklusif

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.