web analytics

Cara Memperbaiki Aksen Untuk Berbicara dalam Bahasa Inggris

Jika kalian sudah dewasa atau memasuki usia remaja saat belajar Bahasa Inggris, aksen yang kita gunakan saat berbicara dalam Bahasa Inggris dipengaruhi oleh suara dan intonasi dari bahasa daerah kita.

Bagi kebanyakan orang, aksen tidak begitu penting. Tapi dalam beberapa situasi (misalnya jika kalian bekerja di call center atau bekerja dengan rekan kerja atau klien native speaker), maka kalian perlu belajar accent reduction atau pengurangan aksen asli supaya kita lebih mudah dimengerti.

Beberapa aspek aksen yang paling membuat perbedaan (misalnya bagian-bagian aksen yang menandai kita dari sebuah wilayah tertentu) adalah pada pronunciation (pelafalan) suara-suara dan dalam hal intonasi (di mana suara kita naik atau turun).

Aksen British

Ada beragam aksen di Inggris. Dua yang paling dikenal (dan seringkali dipakai dalam latihan listening atau di media seperti BBC) adalah Received Pronunciation (aksen formal atau dikenal dengan Queen’s English) dan aksen dari Inggris Tenggara.

Beberapa ciri dari aksen di atas adalah:

-suara /r/ tidak diucapkan di akhir syllable (suku kata). Walaupun mereka masih mengucapkan suara vowel yang mengikuti setelahnya. Contoh:

fire= fai-uh

firing= fai-ring

-suara /a/ dalam huruf bath, grass, fast dan lain-lain adalah long sound (diucapkan seperti mengucapkan kata “art”)

Aksen Received Pronunciation (RP) atau Home Counties (wilayah di sekitar London) bisa didengar di tempat-tempat orang kaya, sementara aksen London tradisional (Cockney) bisa ditemukan pada wilayah-wilayah rakyat biasa. Aksen ini seringkali disebut “Estuary English” dan beberapa cirinya adalah:

-glottal stop (di mana suara /t/ terdapat di antara huruf vowel tidak diucapkan. Misalnya kata “bottle” diucapkan “boh-ul”.

-suara “th” diucapkan “f” atau “v”.

Aksen Amerika (American English)

Ada beberapa ciri dalam aksen Amerika yang membedakan dengan aksen British English:

-Huruf a pendek (short a seperti dalam kata cat) diucapkan lebih tinggi dan dengan dipthong sebelum konsonan nasal. Oleh karena itu kata man dan can’t diucapkan seperti meən dan keənt (“meh-uhn” dan “keh-uhnt.”)

-Rhotic, berarti huruf “r” diucapkan di akhir kata misalnya kata car dan mother.

-Kata-kata seperti lot dan rod diucapkan dengan unrounded vowel seperti lɑt dan ɹɑd (“laht” dan “rahd”).

-Diphthong untuk kata-kata seperti boat dan rode diupcakan seperti boʊt dan roʊd

Reduksi aksen (Accent Reduction)

Ingatlah bahwa tidak mungkin bagi kita untuk benar-benar menghapus atau menghilangkan aksen bawaan kita. Akan tetapi ada beberapa cara untuk meminimalkan aksen bawaan saat berbicara dalam Bahasa Inggris:

-Kenali suara vowel dan konsonan. Dan pelajarilah pola intonasi dan stress dari beragam aksen native English.

-Kita mungkin perlu belajar ulang cara mengucapkan berbagai suara. Terutama suara-suara yang tidak ada dalam sistem suara bahasa asal kita. Paling tidak untuk orang Indonesia ada 6 suara yang susah diucapkan.

-Berlatihlah sebanyak mungkin. Listening dan speaking yang teratur akan menolong kalian mengenali area-area di mana aksen kita berbeda dengan aksen para bule. Sementara bercakap-cakap yang sering dengan para bule bisa menolong kalian praktek langsung.

Tips pronunciation:

1. Bagi native speaker, ada salah satu penanda terbesar bila seseorang yang berada di depan mereka bukanlah native speaker yaitu pada intonasi. Perhatikan di mana suara kalian naik dan turun.

2. Kalian bisa menimbulkan kesalahpahaman saat berbicara karena word stress yang salah daripada karena pengucapan suara vowel dan konsontant huruf yang salah. Saat kalian belajar kata-kata baru, lihatlah stress syllable (penekanan suku kata) yang benar di kamus.

Baca: Cara Menggunakan Kamus Untuk Belajar Word Stress

Sumber: English At Home, DialectBlog.

Topik yang dicari:

  • cara pengucapan bahasa inggris british
  • belajar aksen british
  • aksen british
  • belajar aksen amerika
  • belajar british accent
  • aksen inggris
  • cara berbicara british accent
  • Bagaimana cara membuat kita bisa berbicara dengan aksen british
  • cara berbicara bahasa inggris dengan aksen british

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.