web analytics

Mengembangkan Bahasa Inggris Dengan Membaca Novel dan Buku Lain

Keuntungan Membaca

Saat kita belajar sebuah bahasa, mendengarkan, berbicara dan menulis itu sama pentingnya, tapi membaca bisa sangat menolong. Ada banyak manfaat yang dihubungkan dengan membaca, contohnya:

1. Belajar vocabulary sesuai konteks

Kita akan bertemu kata-kata baru saat kita membaca. Jika ada terlalu banyak kata baru yang tidak kalian pahami, maka tingkat bacaan itu terlalu tinggi dan kalian harus mulai membaca yang lebih sederhana. Tapi jika sebuah bacaan mengandung lima kata baru per halaman yang tidak kalian pahami, kalian akan belajar vocabulary dengan lebih mudah. Kalian bahkan tidak perlu memakai kamus karena bisa menebak maknanya dengan mudah lewat teks lain (atau dari konteks). Tidak hanya kita akan belajar kata-kata baru saat membaca, tapi kita bisa menggunakannya secara alami.

2. Punya contoh untuk menulis

Saat kita membaca, kita memperoleh sebuah contoh yang baik untuk menulis. Teks yang kita baca menunjukkan struktur dan ekspresi yang bisa kita gunakan saat kita ingin menulis.

3. Melihat tulisan Bahasa Inggris dengan struktur yang benar

Saat orang-orang (terutama native speaker/ penutur asli) menulis, mereka biasanya menggunakan Bahasa Inggris yang benar dengan struktur grammar yang tepat. Hal ini tidak selalu berlaku saat orang bicara Bahasa Inggris (bahkan para penutur asli tidak selalu menggunakan grammar yang tepat saat berbicara). Jadi dengan membaca kita bisa melihat dan belajar grammar Bahasa Inggris yang alami.

4. Bekerja dengan kecepatan kita sendiri

Kita bisa membaca dengan cepat atau lambat seperti yang kita inginkan. Kita bisa membaca sepuluh halaman dalam 30 menit atau satu jam untuk membaca satu halaman. Pilihan ini tergantung kita masing-masing. Kita tidak bisa melakukan hal ini saat berbicara atau mendengar. Hal ini bisa memberikan keuntungan yang besar karena orang memiliki kecepatan yang berbeda satu sama lain.

5. Minat pribadi

Kita bisa memilih untuk membaca hal-hal yang kita sukai, yang bisa benar-benar menarik minat kita dan menjadi kegiatan yang kita nikmati. Sebagai contoh, jika kalian suka membaca soal sepak bola dalam Bahasa Indonesia, kenapa kita sekarang tidak membaca dalam Bahasa Inggris? Kita akan memperoleh informasi tentang sepak bola yang kita sukai dan mengembangkan Bahasa Inggris di waktu yang sama.

<Next> Lima tips untuk membaca

Topik yang dicari:

  • novel bahasa inggris
  • novel bahasa inggris yang mudah dipahami
  • novel bahasa inggris terbaru
  • buku novel bahasa inggris
  • Novel inggris terbaru
  • novel english terbaru

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.