web analytics

Cara Praktis Untuk Meningkatkan Skor IELTS, TOEFL, TOEIC, EIKEN

Sebelumnya Inggrisku.net sempat membahas tentang belajar Bahasa Inggris sebagai persiapan mengikuti tes. Pendekatan yang digunakan bila kita belajar Bahasa Inggris untuk mengikuti tes seperti TOEFL, TOEIC, IELTS dan lain-lain tentunya berbeda bila kita ingin belajar Bahasa Inggris untuk tujuan lain, misalnya wisata atau berkomunikasi biasa.

Nah, sekarang kita akan mengupas sedikit lebih dalam perbedaan ini dan cara praktis mempersiapkan diri untuk memperoleh skor tinggi dalam tes-tes ini.

Belajar menghadapi tes dan bukan Bahasa Inggris

Ada banyak program untuk mempersiapkan para siswa untuk menghadapi tes standard Bahasa Inggris internasional di atas. Program-program kursus ini memiliki kesamaan: mereka mengajarkan kita soal tes yang akan diikuti. Hal ini berarti program kursus itu menunjukkan jenis-jenis pertanyaan yang diperkirakan akan keluar nanti dan bagaimana cara menjawabnya. Program-program ini tidak berfokus untuk mengajarkan Bahasa Inggris.

Contohnya, dalam tes TOEFL ada bagian Reading. Dalam bagian ini, kalian membaca sebuah artikel pendek dan lalu menjawab beberapa pertanyaan pilihan ganda (multiple choice). Seorang guru TOEFL tidak akan meminta kalian membaca artikel atau buku yang panjang. Mereka tidak akan meminta kalian untuk membaca sebuah esai dan menulis esai. Mereka akan meminta kalian berlatih secara spesifik untuk menghadapi tes: membaca sebuah artikel pendek dan menjawab pertanyaan pilihan ganda.

Ada beberapa trik yang harus kalian pelajari soal tes-tes standarisasi ini. Misalnya:

-Untuk beberapa tes, kalian bisa memperoleh keuntungan dengan menebak jawabannya jika kalian tidak tahu jawabannya. Untuk beberapa tes lainnya, kalian akan kena pengurangan skor jika tebakan kalian salah. Cari tahu bagaimana sistem skor tes yang akan kalian ikuti.

-Untuk bagian reading, idealnya kalian membaca pertanyaannya dulu sehingga kalian tahu apa yang harus kalian cari dari bahan bacaan.

-Jika tes yang akan kalian ikuti, mengizinkan kita untuk melewati pertanyaan, lewati pertanyaan yang sulit dan kerjakan belakangan.

-Untuk bagian writing pada tes, cari tahu bagaimana sistem skor untuk tulisan. Beberapa tes memiliki syarat-syarat yang “aneh” supaya tulisan kalian bisa memperoleh skor tinggi.

Perluas vocabulary

Manakah yang lebih baik?

1. Tahu kata-kata lebih sedikit, tapi tahu kata-kata itu dengan sangat baik.

2. Tahu lebih banyak kata, tapi tidak begitu menguasai semuanya.

Bila kita ingin menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, saya merekomendasikan pilihan pertama. Menguasai kata-kata penting dan ungkapan-ungkapan yang paling sering digunakan akan membuat kita jadi seorang yang terampil menggunakan Bahasa Inggris.

Tapi untuk tes-tes standardisasi, ceritanya berbeda. Kebanyakan tes ini menguji berapa banyak kata yang kalian pahami. Dengan kata lain, kalian harus mengetahui banyak kata. Beberapa pertanyaan tes itu mungkin membahas vocabulary secara khusus. Atau memiliki bagian bacaan yang mengandung kata-kata yang sulit.

Jadi salah satu cara untuk meningkatkan skor tes adalah dengan menghafalkan daftar vocabulary akademis sebelum mengikuti ujian. Kalian bisa menemukan daftar vocabulary ini di Internet. Atau membeli beberapa buku yang memang khusus membahas cara memperoleh skor tinggi untuk TOEFL, IELTS dll.

Buku Persiapan IELTS

Buku Persiapan TOEFL

Belajar untuk tes, lalu belajar Bahasa Inggris kembali

Memperoleh skor tinggi dalam tes TOEFL, IELTS dll memerlukan keterampilan khusus. Mempersiapkan diri untuk menghadapi tes-tes ini mungkin hanya meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris kita, tapi mungkin hanya sedikit. Tapi tentunya efektif untuk membuat kalian memperoleh skor tinggi.

Tapi jika kalian ingin belajar menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, kalian harus menggunakan pendekatan berbeda dari metode kalian belajar mempersiapkan diri mengikuti tes.

 

Topik yang dicari:

  • Belajar toeic
  • tips mengerjakan toeic
  • cara mengerjakan toeic dengan mudah
  • cara mendapatkan skor toeic tinggi
  • cara memahami grammar toeic
  • cara cepat belajar toeic
  • cara belajar untuk tes toeic
  • cara belajar TOPIK/TOEFL/IELTS
  • cara ampuh menaklukan soal toeic
  • trik tess toeic

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.