web analytics

English Tense Apa Saja Yang Paling Banyak Digunakan?

Seperti yang kita tahu, dalam Bahasa Inggris ada sekitar 16 tenses. Pertanyaannya adalah apakah semuanya perlu dipelajari dengan mendalam? Atau adakah tenses Bahasa Inggris yang paling sering dipakai atau digunakan dalam writing atau speaking?

Menurut, situs Cambridge.org, untuk tujuan penulisan akademis dan penggunaan sehari-hari, sebenarnya hanya ada tiga tenses yang perlu kita pelajari. Ketiganya adalah present simple, past simple (simple past tense) dan present perfect. Pemilihan ketiganya didasarkan pada hasil analisa corpus, yaitu kumpulan teks tertulis digital yang dimiliki Cambridge. Hasil analisa menunjukkan 98 persen verb tense yang digunakan dalam tulisan berasal dari ketiga tenses ini. Bila kita menguasai ketiganya secara mendalam, maka kita siap menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Sementara untuk keperluan speaking, kita perlu menambahkan present progresif (present continous) dan past progresif (past continous). Setelah belajar kelima tenses ini, yang kita perlu lakukan adalah banyak berlatih untuk tahu kapan dan bagaimana menggunakan kelimanya, terutama untuk present perfect.

Hal lain yang perlu dilakukan bagi para pelajar atau kalian yang ingin belajar Bahasa Inggris adalah mengembangkan vocabulary. Seperti penentuan lima tenses yang paling sering digunakan ini, menurut analisa dari corpus, Oxford menyatakan ada 3 ribu kata yang paling digunakan. Oxford lantas mengumpulkan data 3 ribu kata itu dan menamai daftar ini menjadi Oxford 3000TM. Dalam berbagai kamus Oxford, kata yang masuk ke dalam daftar Oxford 3 ribu ini akan ditandai dengan simbol kunci.

Jadi bila kalian ingin mengembangkan kemampuan menulis dan berbicara, bangun vocabulary yang kuat dengan daftar 3000 ribu kata dan perdalam penguasaan kelima tenses di atas. Daftar 3 ribu kata paling sering digunakan sehari-hari ini bisa ditemukan di kamus saku Oxford Learner’s Pocket Dictionary.

Ingin memperdalam kelima tenses ini dengan latihan soal dan jawabannya? Lihat daftar buku grammar yang direkomendasikan.

Bagan 5 Tenses Utama

 

Present Simple

(I go)

Past Simple

(I went)

Future Simple

(I will go)

Present Perfect

(I have gone)

Present Continuous

(I am going)

Kapan menggunakan tenses ini? Untuk fakta di masa kini dan aksi yang dilakukan berulang Untuk aksi atau tindakan yang sudah selesai dilakukan di masa lalu. Untuk aksi atau tindakan di masa mendatang, bahkan jika hanya dilakukan dalam beberapa detik di masa mendatang. Untuk tindakan yang dimulai di masa lalu dan masih dilakukan hingga sekarang. Digunakan untuk tindakan sementara yang sedang dilakukan saat ini.
Kata-kata kunci dari tense: every (day, week, month, year, etc.), always, usually, often, sometimes, etc. Yesterday, last (week, month, year, etc.), when I was a child, this morning (if it is no longer morning), etc. Tomorrow, next (week, month, year, etc.), in the future, when I retire, when I get home, etc. Since, for, ever (with questions), up to now, how long (with questions), etc. Now, at the moment, today, this week, presently, etc.
Bagaimana cara menulis dengan tense ini? Gunakan kata kerja pertama (Verb 1/V1)

Untuk pertanyaan dan kalimat negatif, gunakan kalimat kerja penolong (helping verb) do dan does ditambah dengan kata kerja pertama (V1)

Sebuah aturan penting, jangan lupa tambahkan “s” untuk kata kerja yang digunakan setelah he, she dan it.

Kata kerja bentuk yang digunakan (Verb 2/ Verb 2)

Untuk pertanyaan dan kalimat negatif, gunakan bantuan kata “did” dan kata kerja tetap dalam bentuk pertama.

Simple Future dibentuk dengan kata kerja will ditambah kata kerja bentuk pertama. (will+ V1) Present Perfect dibentuk dengan bantuan kata kerja have (atau has) dan kata kerja bentuk ketiga (V3)

have/has + V3.

Present Continous dibentuk dengan kata kerja bantu (am, are, is) dan kata kerja ditambah ing.

(am/is/are)+ V-ing.

Helping verb/kata kerja bantu yang harus digunakan do / does did will have / has to be (am, are, is)

 

Sumber:

Cambridge.org

World-English.org

 

Topik yang dicari:

  • Tenses yang sering digunakan
  • grammar yang sering digunakan
  • tenses yang paling sering digunakan
  • tenses yang sering digunakan dalam percakapan
  • tenses yang digunakan sehari hari
  • tenses yang
  • tense yang paling banyak digunakan dalam teks?
  • tenses yang digunakan sehari-hari
  • grammeryg sering muncul
  • tensis yg paling banyak digunakan dalam teks report

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.