web analytics

Manfaat Menggunakan Kamus Bahasa Inggris-Bahasa Inggris

Kamus yang ada saat ini secara garis besar ada dua macam, yaitu kamus bilingual (dua bahasa) dan kamus monolingual (satu bahasa). Contoh kamus bilingual adalah kamus Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia, sementara kamus monolingual adalah kamus Bahasa Inggris-Bahasa Inggris.

Kamus monolingual Bahasa Inggris tentunya hanya ditulis dalam Bahasa Inggris. Kata-kata didalamnya tidak diterjemahkan; melainkan didefinisikan atau dijelaskan dalam Bahasa Inggris. Misalnya saat kita mencari kata “criticize” dalam kamus monolingual, kita akan menemukan keterangan seperti ini:

to criticize = to say negative things about; to talk about the mistakes of

Seperti yang dibahas sebelumnya dalam artikel “Cara Memilih Kamus yang Baik untuk belajar Bahasa Inggris”, kamus bilingual cocok untuk para pemula yang sedang belajar Bahasa Inggris. Sedangkan kamus monolingual bisa mulai digunakan bila kalian sudah mulai memasuki tahap menengah ke atas.

Nah, apa saja manfaat menggunakan kamus monolingual untuk belajar Bahasa Inggris?

-Kamus monolingual adalah produk yang lebih canggih. Biasanya kamus monolingual berasal dari penerbit populer dan terpercaya seperti Longman, Oxford atau Collins. Isinya lebih akurat dalam hal definisi, contoh kalimat, pronunciation, bahkan dilengkapi dengan phrasal verb dan idiom serta apakah sebuah kata itu kerap digunakan atau tidak.

-Definisi Bahasa Inggris yang ada dalam kamus monolingual menggunakan frasa-frasa yang umum digunakan dalam Bahasa Inggris, dengan grammar dan kata-kata yang benar dan akurat. Jika kalian membaca kamus ini secara teratur, kalian bisa menghafalkan grammar dan kata-kata secara otomatis.

-Definisi atau keterangan dalam Bahasa Inggris yang ada membuat kalian belajar lebih banyak. Kalian akan ditantang untuk belajar lebih banyak kata yang mungkin tidak kalian tahu saat membaca sebuah arti kata. Lantas mencari arti kata yang tidak kalian tahu.

Misalnya kalian mencari arti kata “naughty” kalian akan menemukan penjelasan ini:

If you say that a child is naughty, you think that he or she is behaving badly or is disobedient. —Collins COBUILD English Dictionary

Jika kalian tidak tahu arti kata disobedient dan behave, kalian akan berusaha mencari arti kata itu di kamus yang kalian pakai. Hasilnya kalian belajar tiga kata baru (disobedient, behave dan naughty) dan bukan cuma satu kata.

Jangan takut menggunakan kamus English-English. Bila kalian ingin membeli kamus monolingual, klik di sini. Baca juga artikel ini bila kalian ingin tahu alamat-alamat situs kamus Bahasa Inggris-Bahasa Inggris gratis dan lengkap.

Sumber: Antimoon.com

Topik yang dicari:

  • guna menurut kamus oxford
  • apa mnfaat kamus bahasa inggris
  • apa penting kamus bahasa inggris
  • fungsi kamus dalam bahasa inggris
  • gunanya kamus oxford
  • manfaat kamus

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.