web analytics

Perbedaan Novel, Novellla dan Novelette

Sebelum munculnya ebook, panjang tulisan untuk penulis fiksi modern hanya dibagi menjadi dua: panjang (novel) dan pendek (cerita pendek). Dengan munculnya penerbitan digital, istilah novella dan novelette mulai muncul juga.

Di abad ke-17, kata novel mengacu pada buku yang panjang ceritanya lebih pendek dibanding romance. Memang kata Bahasa Inggris novel berasal dari kata Italia untuk sebuah cerita pendek: novella, sebuah istilah yang digunakan Boccaccio sebagai referensi terhadap cerita pendek yang dikumpulkan dalam Decameron. Pertama, novel dan novella digunakan secara bergantian dalam Bahasa Inggris untuk menggambarkan sebuah cerita fiksi naratif yang pendek. Sekarang sebuah novel lebih panjang dibandingkan dengan novella.

Novel (noun): sebuah prosa naratif dengan panjang tertentu dan kompleksitas tertentu yang berhubungan secara imajinatif dengan pengalaman manusia lewat rangkaian event yang terhubung melibatkan sekelompok orang dengan setting yang spesifik.

Berapa panjang ketiganya?

Secara garis besar, sebuah novel cetak mengandung sekitar 80 ribu kata. Untuk beberapa genre, misalnya misteri, jumlah minimum kata mencapai 40.000 sebagai panduan kontes lomba menulis, tapi untuk novel misteri yang siap cetak biasanya memiliki panjang 60.000 kata.

Pada masa lampau, para penulis memperkirakan jumlah kata dengan menulis 250 kata per halaman. Menurut cara ini, sebuah buku 70.000 kata memiliki sekitar 175 halaman cetak; buku dengan 125.000 kata memiliki 312 halaman. Sekarang, software word processor yang kita pakai menyediakan fitur untuk menghitung jumlah kata.

Tentunya beberapa kertas cetak memiliki jumlah kata berbeda. Ada yang memiliki 400 kata per halaman, tergantung dari ukuran font dan dimensi buku.

Panjang tulisan dalam sebuah buku menentukan jumlah halaman yang dicetak. Para penerbit buku cetak jarang menerima buku yang sangat pendek atau sangat panjang. Tapi penerbit digital, di sisi lain tidak memiliki batasan ini.

Walaupun biasanya orang yang membaca ebook cenderung memilih ebook yang pendek, Mark Coker, pendiri Smashwords, menganalisa ribuan buku-buku best-sellingnya dari berbagai genre dan kategori. Dia menemukan jika 50 buku paling laris yang dijual di Smashwords rata-rata memiliki 106.000 kata.

Beberapa pembaca menyukai novel panjang, beberapa pembaca lainnya tidak. Para novelis yang mempublikasikan buku mereka secara digital bisa menolong pembaca menemukan apa yang mereka cari dengan mengkategorikan karya mereka berdasarkan banyaknya kata:

novel: 60.000 kata atau lebih

novella: 20.000 hingga 50.000 kata

novelette: 7.500 hingga 20.000 kata

 

Topik yang dicari:

  • perbedaan novel dan novella
  • arti novelet
  • novelet apa itu
  • perbedaan nobelet dan novel

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.