web analytics

Tips Membuat Pidato Bahasa Inggris Dengan Mudah

Membuat pidato dalam Bahasa Inggris bisa memberikan tantangan tersendiri bagi kita. Kesulitan yang biasanya dialami para murid adalah tema yang akan mereka ambil, cara penulisannya dan kemudian cara membacakan pidato itu di depan kelas.

Mau tidak mau, kita harus banyak berlatih saat menulis dan membaca pidato itu. Nah berikut beberapa tips sederhana untuk membuat pidato dalam Bahasa Inggris:

Ketahui siapa pendengar kita

Siapa yang akan menjadi pendengar dalam pidato itu? Bila tema yang kalian ambil adalah upacara kelulusan SMA atau SMP, maka kemungkinan besar ada orang tua, guru dan lain-lain. Jika seandainya pidato soal kemerdekaan di acara yang digelar di kampung, maka audiens atau pendengarnya adalah warga kampung. Bahkan seandainya ini hanya tugas sekolah, dan bersifat fiktif dalam arti kalian tidak harus berpidato di acara yang sesungguhnya, kita juga harus berimajinasi dan menyertakan para pendengar fiktif itu juga.

Bila kita tahu siapa pendengar kita, sesuaikan bahasa pidato kita, sehingga tidak terkesan ekslusif hanya untuk teman-teman sekelas kita.

Curi perhatian mereka

Sebuah pidato yang baik mampu menarik perhatian pendengar dan membuat mereka terus mendengarkan. Mulailah dengan pertanyaan yang bisa menarik perhatian mereka atau buatlah sebuah pernyataan yang kuat yang menarik rasa penasaran mereka tentang isi pidato. Jangan takut menggunakan humor atau joke dalam pidato kalian.

Buat cerita

Jangan hanya membaca pidato secara kaku. Berpidatolah dengan nada seolah-olah kalian membacakan sebuah cerita yang emosional yang membuat perasaan pendengar tergugah. Kalian juga bisa memakai puisi untuk membantu mengungkapkan perasaan kalian.

Sertakan semua kalangan

Seperti yang disebutkan dalam poin pertama, sertakan semua kalangan yang masuk dalam kategori pendengar kalian. Jangan hanya menulis untuk guru atau teman sekelas kalian. Sertakan para pendengar yang lain dalam pidato sekalipun hanya fiktif. Bahas tema atau tulis kalimat yang bisa mereka pahami dan tidak terkesan ekslusif untuk satu kalangan.

 

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.