web analytics

7 Tips Untuk Mempersiapkan Diri Menghadapi TOEFL Reading Section


Apakah kalian butuh bantuan untuk memperoleh skor tinggi di bagian reading TOEFL? Ada 7 tips dan trik untuk mempersiapkan diri menghadapi bagian reading dalam tes TOEFL:

1. Membaca

Cara terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi bagian reading dalam tes TOEFL adalah membaca sebanyak yang kalian bisa. Bacalah berbagai topik artikel dalam Bahasa Inggris: olahraga, kesehatan dan teknologi. Dan cobalah membaca dari berbagai jenis media: buku, majalah, surat kabar, artikel online. Biasakan diri membaca teks yang terdiri dari 600 kata lebih.

2. Bangun vocabulary

Selain banyak membaca, kalian juga harus memperluas kosakata kalian. Cobalah baca artikel “Bagaimana cara menambah vocabulary kita” dan “Cara Supaya tidak mudah lupa vocabulary yang kita pelajari”.

Jika kalian ingin mengecek fondasi vocabulary kalian, Oxford membuat daftar 3.000 kata yang paling sering digunakan. Cobalah cek daftar yang disebut Oxford 3.000 ini untuk mengetahui seberapa kuat fondasi kosa kata yang kalian miliki.

Kalian juga bisa menggunakan kamus Merriam-Webster’s Vocabulary Builder untuk menolong kalian membangun vocabulary yang kuat.

3. Latihan dengan tes TOEFL yang sebelumnya

Lihatkan tes TOEFL tahun-tahun sebelumnya baik lewat media online maupun buku-buku. Dan berlatihlah dengan menjawab tes-tes ini supaya kalian lebih akrab dengan bentuk dan jenis tes. TOEFL sendiri merupakan tes terstandar sehingga akan selalu mengikuti format yang sama.

4. Belajar membaca cepat

Cobalah melatih metode membaca cepat (skimming) sehingga kalian bisa menghemat waktu saat menyelesaikan bagian reading TOEFL.

5. Ingat waktu

Cobalah berlatih sesuai dengan batasan waktu yang ditetapkan dalam tes yang sebenarnya. Hal ini akan melatih kemampuan kalian sehingga saat menghadapi tes yang sebenarnya kalian sudah terbiasa.

6. Tebaklah kata-kata yang asing

Cobalah menebak kata-kata baru yang tidak kalian pelajari sebelum membuka kamus. Cobalah menebak artinya berdasarkan konteks karena hal ini akan meningkatkan kesempatan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan benar.

7. Rileks

Jika kalian rileks, kalian bisa berpikir lebih jernih dan membantu kalian memahami teks yang kalian baca. Jika kalian tegang, kalian justru tidak bisa berpikir dengan baik dan mungkin melakukan kesalahan saat membaca dan menjawab pertanyaan.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.