web analytics

7 Tips Untuk Mempersiapkan Diri Untuk Tes TOEFL

Entah Anda ingin belajar di luar negeri atau ingin mengikuti program master di jurusan bisnis, tes TOEFL bisa menjadi salah satu senjata untuk menolong kalian memperoleh tujuan akademis kalian. Berikut 7 tips untuk memperoleh skor tinggi saat menghadapi tes TOEFL:

1. Kenali tes TOEFL

TOEFL atau Test of English as Foreign Language menguji tingkat Bahasa Inggris akademis orang. Secara umum ada dua versi TOEFL: tes tertulis atau tes online (web).

Versi tertulis disebut TOEFL PBT memiliki skor 677 poin dan memiliki empat bagian tes: listening, comprehension, struktur dan written expression, reading comprehension dan vocabulary/ writing.

Versi internet disebut TOEFL IBT memiliki skor 120 dan meliputi empat tes: reading comprehension and vocabulary, listening, speaking and writing skills.

2. Kuasai dasar-dasar grammar

Sebelum mengikuti tes ini, jangan ragu-ragu untuk mengulas kembali materi grammar yang pernah kalian pelajari waktu sekolah (atau kuliah). TOEFL biasanya menguji kemampuan siswa pada topik-topik grammar tertentu, misalnya: verb -ing, penggunaan kata (misalnya may vs can dll), tenses, prepositions dll. Oleh karena itu jangan mengabaikan pemahaman dasar grammar.

3. Ambil waktu untuk berlatih

Sekalipun kalian memiliki level Bahasa Inggris yang baik, tes seperti TOEFL bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sepele. Bahkan para penutur asli (native speaker) yang mengikuti TOEFL hanya memperoleh skor rata-rata. Hal ini menunjukkan jika tes ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Sebagai non-native speaker, kalian harus mengembangkan kemampuan menggunakan vocabulary dengan tepat untuk memperoleh skor yang baik. Para guru Bahasa Inggris menyarankan jika kalian menyediakan waktu belajar 15 jam untuk mengakrabkan diri dengan tes ini, bagian-bagiannya, fungsi-fungsinya, cara penilaian bahkan jebakan-jebakan yang sering ada dalam pertanyaannya.

4. Uji level kalian sebelum tes

Sebelum ikut TOEFL, penting juga untuk mengevaluasi diri sendiri. Kalian bisa menggunakan beberapa situs online yang menyediakan simulasi tes TOEFL atau ikut kursus persiapan TOEFL. Begitu kalian mencoba tes uji coba, hasil skor yang ada bisa menjadi bahan penilaian. Kalian bisa mencoba kekurangan dan kelebihan kalian serta cara untuk mengatasi kelemahan yang ada.

5. Terus latihan tes

Akrabkan diri dengan bentuk tes TOEFL. Cobalah latihan tes TOEFL yang tersedia di internet. Belilah buku-buku persiapan TOEFL yang terpercaya atau ikutlah kursus. Intinya terus berlatih sebelum kalian mengikuti tes yang sebenarnya.

6. Latihan mendengarkan

Jangan mengabaikan bagian listening dalam tes TOEFL dalam persiapan tes. Bagian ini dikenal sebagai bagian tes paling sulit. Kalian harus belajar untuk membedakan homophone, terutama yang seringkali digunakan dalam tes.

7. Kembangkan efisiensi membaca

Dalam latihan kalian, cobalah mengembangkan strategi membaca yang efektif termasuk teknik membaca diagonal dan “locating”. Para peserta tes tidak memiliki waktu untuk membaca semua teks yang ada dalam tes. Oleh karena itu, kemampuan membaca cepat dan menemukan informasi yang relevan (locating) sangat menolong dalam tes reading.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.