web analytics

8 Trik Menghadapi Test Listening TOEFL iBT

Bagian Listening dalam TOEFL iBT (Internet Based Test) biasanya dimulai setelah bagian Reading. Bagian Listening ini mengukur kemampuan kalian untuk memahami spoken English (Bahasa Inggris Lisan) dalam konteks atau situasi akademis. Dalam bagian listening TOEFL iBT ini ada tiga tujuan utama:

1. Mendengarkan untuk pemahaman dasar

2. Mendengarkan untuk pemahaman pragmatis

3. Untuk menghubungkan dan mengkombinasikan ide-ide yang disajikan dalam berbagai sumber informasi

Setiap bagian dari seksi Listening ini (2 dari 3 bagian) terdiri rekaman satu percakapan panjang dan dua sesi kuliah. Setiap peserta tes mendengar rekaman percakapan atau kuliah itu sekali. Rekaman kuliah dan percakapan biasanya berdurasi 3 hingga 5 menit. Selama mendengarkan, durasi waktu tidak berjalan. Bagian 10 menit yang disediakan untuk setiap bagian tes baru dimulai setelah peserta menjawab pertanyaan.

-Lupakan tentang bagian Reading yang baru kalian lewati. Sekarang waktunya untuk berkonsentrasi di bagian Listening.

Jam penanda waktu baru di mulai saat kita menjawab pertanyaan-pertanyaan dan bukan saat mendengarkan. Jadi lupakan tentang berapa waktu yang kalian miliki saat mendengarkan.

Persiapkan catatan. Sebelum mulai mendengarkan persiapkan kolom ‘ide utama’, ‘poin utama’, dan ‘detil penting’. Di bawah setiap kolom tuliskan apa yang kalian dengarkan dari rekaman.

Jangan pedulikan aksen, gaya bicara dan penyampaian pembicara dalam rekaman. Fokuslah pada konten dan bagaimana informasi mengalir dari penyampaian pembicara.

Dengarkan dan carilah petunjuk-petunjuk yang akan menolong kalian memahami tujuan sang pembicara, sikap dan tingkat keyakinannya. Dengarkan kata-kata yang menunjukkan hubungan di antara ide-ide yang ada.

Perhatikan materi visual. Beberapa materi visual dari seksi Listening memberikan informasi penting. Papan tulis hitam menunjukkan kata-kata atau frasa-frasa yang penting, yang didiskusikan selama kuliah. Ilustrasi dan grafis menunjukkan informasi yang disajikan dalam kuliah.

Aturan menjawab pertanyaan berbeda. Dalam seksi Listening kalian tidak bisa kembali ke pertanyaan sebelumnya untuk mengoreksi jawaban. Oleh karena itu, konfirmasi dua kali jawaban kalian sebelum pindah ke pertanyaan berikutnya. Pertama, saat kalian menjawab, kalian harus menekan tombol “Next”. Setelah menekan tombol “Next” kalian boleh mengubah jawaban. Jika kalian ingin berpindah ke pertanyaan berikutnya, tekan tombol OK. Beberapa peserta tes melupakan hal ini dan kehilangan waktu. Ingatlah aturan menjawab bagian Listening ini.

Tebaklah kata. Tidak ada penalti untuk menjawab pertanyaan dengan salah dalam TOEFL iBT. Jawaban salah tidak memberikan poin tambahan. Tapi juga tidak mengurangi poin kita. Jika kalian kehabisan waktu, tebaklah jawaban yang mungkin dan jawab pertanyaan. Ada kemungkinan 25 persen jika tebakan kalian benar.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.