web analytics

9 Trik Mempersiapkan Diri Menghadapi Soal Listening TOEFL

Bagian Listening dalam TOEFL iBT (Internet Based Test) biasanya dimulai setelah bagian Reading. Bagian Listening ini mengukur kemampuan kalian untuk memahami spoken English (Bahasa Inggris Lisan) dalam konteks atau situasi akademis. Dalam bagian listening TOEFL iBT ini ada tiga tujuan utama:

1. Mendengarkan untuk pemahaman dasar

2. Mendengarkan untuk pemahaman pragmatis

3. Untuk menghubungkan dan mengkombinasikan ide-ide yang disajikan dalam berbagai sumber informasi

Setiap bagian dari seksi Listening ini (2 dari 3 bagian) terdiri rekaman satu percakapan panjang dan dua sesi kuliah. Setiap peserta tes mendengar rekaman percakapan atau kuliah itu sekali. Rekaman kuliah dan percakapan biasanya berdurasi 3 hingga 5 menit. Selama mendengarkan, durasi waktu tidak berjalan. Bagian 10 menit yang disediakan untuk setiap bagian tes baru dimulai setelah peserta menjawab pertanyaan.

Strategi persiapan

Dengarkan Bahasa Inggris lisan dari berbagai sumber sebanyak mungkin. Dengarkan dari film, siaran televisi, radio dan sumber-sumber lain. Lebih baik lagi jika bagian yang kalian dengarkan itu berkaitan dengan dunia akademis atau mirip dengan materi TOEFL iBT. Semakin sering kalian berlatih listening, semakin baik skill kalian.

Dengarkan ide utama. Ide ini biasanya ditemukan di awal sesi listening, sementara informasi detil biasanya menyebar di sepanjang kuliah. Ide utama akan memberikan kalian pemahaman tentang apa yang dibicarakan dosen dalam kuliah atau orang-orang dalam percakapan. Setelah menemukan ide utama, barulah kalian mendengarkan detil-detilnya.

Belajarlah menemukan ide-ide yang ada di bagian listening. Beberapa hubungan utama di antara ide-ide termasuk cause/efek (sebab-akibat), compare/contrast, dan langkah-langkah dalam sebuah proses.

Belajar menangkap kata-kata sinyal yang mengindikasikan bagian berbeda: perkenalan, langkah-langkah besar, contoh, kesimpulan dll.

Bangun vocabulary kalian. Selama mendengarkan, cobalah tebak arti kata-kata yang tidak kalian ketahui berdasarkan konteks. Kebiasaan ini penting karena dalam tes yang sesungguhnya besar kemungkinannya kalian akan bertemu dengan kata-kata yang tidak kalian ketahui. Dan kalian tidak bisa membuka kamus, jadi tebaklah artinya dari konteks. Tulis setiap kata yang kalian tidak tahu dan sertakan dalam daftar kata kalian. Cobalah mengingatnya dan menggunakan dalam speaking dan writing.

Dengarkan kuliah atau percakapan dengan berbagai aksen berbeda. Bagian Listening pada TOEFL iBT memiliki berbagai aksen dan pronunciation. Untuk alasan ini, kalian harus berlatih mendengarkan dari beragam aksen dan pola pronunciation.

Berlatihlah mencatat. Mencatat diperbolehkan dalam setiap bagian TOEFL iBT. Belajar mencatat dengan efektif bisa meningkatkan kinerja kalian dalam menghadapi tes. Tidaklah mungkin bagi kita untuk mengingat setiap petunjuk dan detil yang disediakan dalam bagian Listening. Terlebih, kalian hanya akan mendengar setiap bagian rekaman sekali. Oleh karena itu, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada, kalian perlu menggunakan ingatan tentang apa yang kalian dengar dan catatan.

Simpulkan dalam bentuk tulisan apa yang telah kalian dengar dengan catatan kalian. Dengan demikian, kalian akan belajar menemukan ide utama dan tujuan dari masing-masing bagian dan juga detil-detil penting lainnya. Dengan belajar mencatat secara efektif, kalian juga belajar mengembangkan skill writing kalian.

Akrabkan diri dengan jenis pertanyaan yang ada di TOEFL iBT. Pastikan selama persiapan mengikuti tes TOEFL iBT, biasakan diri untuk menjawab berbagai jenis pertanyaan. Beberapa pertanyaan mungkin mengharuskan kita menyediakan dua jawaban, pertanyaan lain mengharuskan kita mengklik kotak jawaban.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.