web analytics

5 Tanda Kalian Membuat Kemajuan Dalam Belajar Bahasa Inggris

Saat kalian baru mulai belajar Bahasa Inggris, cukup mudah bagi kalian untuk melacak perkembangan kalian karena segala sesuatu yang kalian pelajari merupakan hal baru. Tapi saat kalian mulai meraih level yang lebih tinggi, semakin sulit mengecek perkembangan kalian. Jika hal seperti terjadi, jangan menyerah. Berikut ini lima tanda jika Bahasa Inggris kalian semakin berkembang:

1. Kalian bisa menebak arti kata-kata yang tidak kalian ketahui

Saat kalian membaca sebuah artikel atau cerita pendek, ada kemungkinan kalian membaca kata-kata yang belum pernah kalian lihat sebelumnya. Tapi semakin mudah bagi kalian untuk menebak artinya. Hal ini karena kalian mengerti lebih banyak kata dan frasa.

Jika kata-kata itu merupakan kata-kata umum yang sering digunakan, maka disarankan kalian melihat artinya di kamus dan menghafalkannya. Tapi sekalipun kalian tidak melihat artinya di kamus, kalian masih bisa menebak artinya dari konteks kalimat.

Baca juga: Kata-kata yang harus dihafalkan dalam Bahasa Inggris

Cara memilih kamus Bahasa Inggris yang bagus dan terpercaya

Buku cara belajar menghafal vocabulary dengan jitu dan cepat

2. Kalian bisa menebak apa yang akan orang katakan

Sebagai contohnya, jika kalian melihat video percakapan seseorang membeli kopi dan sang waitress mulai berkata: “Anything..”, kalian bisa menebak apa kata berikutnya yaitu “Else” (seperti dalam kalimat ‘anything else ?’). Hal ini karena kalian belajar frasa dan bukan kata-kata individual sehingga pemahaman dan kefasihan kalian meningkat.

Baca juga: Buku frasa yang paling umum digunakan

Tentunya, mustahil bagi kita untuk memprediksikan segalanya, tapi seiring berkembangnya pemahaman bahasa kalian, maka memahami frasa-frasa yang umum digunakan dalam Bahasa Inggris menjadi proses yang otomatis. Dan semakin mudah bagi kalian untuk tahu apa yang akan orang katakan dan artinya.

3. Mendengarkan Bahasa Inggris bukanlah hal yang sulit

Hal ini mirip dengan poin kedua. Karena kalian semakin akrab dengan ekspresi dan frasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, maka untuk mendengarkan orang berbicara dalam Bahasa Inggris tidak memerlukan konsentrasi tinggi seperti sebelumnya. Memahami apa yang orang katakan dalam Bahasa Inggris semakin mudah. Sekalipun ada kata dan frasa yang tidak kalian ketahui, tapi kalian tetap paham apa yang orang katakan secara umum.

4. Cara belajar kalian semakin fleksibel dan kreatif

Kalian mulai melihat adanya pola dalam vocabulary (misalnya imbuhan kata “un” digunakan untuk membuat arti negatif dalam kata. Contoh imbuhan kata “un” pada kata “comfortable” menjadi uncomfortable, berarti tidak nyaman.)

Kalian bisa memahami dan menggunakan pola-pola ini saat berbicara atau menulis dalam Bahasa Inggris. Kalian mungkin tidak selalu menggunakannya secara benar, tapi kalian mulai bisa bereksperimen dengan Bahasa Inggris dan proses belajar menjadi lebih cepat.

5. Kalian lebih fasih saat berbicara

Kalian tidak perlu lagi menerjemahkan kata-kata dalam Bahasa Indonesia dan Inggris saat berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris karena kalian semakin mahir berbicara dalam Bahasa Inggris. Kalian juga tidak perlu lagi berpikir tentang apa yang harus dikatakan karena kalimat dalam Bahasa Inggris sudah menjadi sesuatu hal yang otomatis. Pronunciation juga semakin mudah karena kalian sudah sering berlatih mengucapkan kata-kata umum dan frasa-frasa umum dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: Buku speaking Bahasa Inggris tanpa grammar

Jika kalian melihat kelima tanda ini dalam diri kalian, maka kalian memang sudah membuat kemajuan dalam belajar Bahasa Inggris. Hal ini juga berarti cara belajar kalian sudah tepat, yang perlu kalian lakukan hanyalah maju terus dan tidak menyerah.

 

Topik yang dicari:

  • kalimat tentang kemajuan bahasa inggris

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.