web analytics

5 Tips Menulis Email Profesional Dalam Bahasa Inggris

Bagi kebanyakan orang saat ini, email adalah sebuah bentuk komunikasi bisnis paling umum, jadi penting bagi kita untuk belajar menulis email dengan benar. Walaupun email biasanya tidak seformal surat, email tetap perlu ditulis secara profesional untuk memberikan kesan yang baik tentang diri kalian dan perusahaan kalian. Ikuti 5 langkah sederhana ini memastikan email yang kalian tulis dalam Bahasa Inggris terkesan profesional:

Mulailah dengan salam

Selalu buka email dengan greeting (salam), misalnya “Dear Timothy.” Atau jika hubungan kalian dan penerima email bersifat formal, gunakan nama keluarga mereka (misal “Dear Mrs. Queen”). Jika hubungan kalian dengan penerima email lebih akrab, kalian bisa menulis, “Hi Timothy”. Jika kalian tidak tahu nama orang yang menerima email, kalian bisa menulis: “To whom it may concern” atau “Dear Sir/Madam”.

Lanjutkan dengan ucapan terima kasih

Jika kalian menjawab email dari seorang klien, mulailah dengan ucapan terima kasih. Contohnya, jika seseorang mengirim pertanyaan tentang perusahaan, kalian bisa menulis, “Thank you for contacting DEF Company”. Jika seseorang menjawab email kalian, dan kalian akan mengirim email balasan, tulislah: “Thank you for your prompt reply” atau “Thanks for getting back to me”. Ucapan terima kasih ini terdengar sopan dan membuat hati penerima senang.

Nyatakan tujuan email

Jika email yang akan kalian tulis adalah yang pertama, tentunya tidak mungkin untuk menulis ucapan terima kasih. Kalian bisa mengganti ucapan terima kasih dengan langsung menulis tujuan kalian mengirim email. Contohnya, “I am writing to enquire about..” atau “I am writing in reference to..”

Tulislah tujuan kalian dengan jelas di email, dan lalu berpindahlah ke isi email berikutnya. Ingatlah orang ingin membaca email dengan cepat, jadi pastikan kalimat kalian pendek dan jelas. Kalian juga perlu memperhatikan grammar, spelling dan punctuation sehingga perusahaan dan pribadi kalian terlihat profesional.

Tambahkan ucapan terima kasih (lagi)

Sebelum menutup email, akan terasa lebih sopan jika kalian berterima kasih lagi kepada penerima email dan tambahkan penutup yang sopan. Contohnya, “Thank you for your patience and cooperation” atau “Thank you for your consideration” dan lalu ikuti dengan “If you have any questions or concerns, don’t hesitate to let me know” dan “I look forward to hearing from you”.

Akhiri dengan salam penutup

Langkah terakhir adalah dengan menutup email dengan nama kalian. Gunakan salam penutup yang profesional seperti “Best regards”, “Sincerely” dan “Thank you”. Jangan gunakan salam penutup seperti “Best wishes” atau “Cheers” kecuali kalian berteman baik dengan sang penerima email. Akhirnya sebelum kalian menekan tombol kirim, cek kembali ejaan dan tata bahasa email kalian.

Topik yang dicari:

  • cara buat membalas email english
  • cara membalas email dalam bahasa inggris
  • contoh membalas email dalam bahasa inggris
  • kalimat penutup email dalam bahasa inggris
  • kata pembuka bahasa inggris saat mengirim email
  • sapaan english lewat email formal

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.