web analytics

Belajar Bahasa Inggris Dengan Cerita Interaktif

Dalam artikel sebelumnya, Inggrisku.net pernah membahas manfaat mengembangkan Bahasa Inggris dengan membaca novel. Tapi kadang-kadang susah bagi kita memilih novel yang menarik untuk dibaca, apalagi jika kita memang tidak gemar membaca.

Kalau kita tidak gemar membaca, kita merasa berat menggunakan metode ini untuk mengembangkan Bahasa Inggris dan lebih memilih bermain game atau menonton film. Nah kabar baiknya, novel dan bacaan Bahasa Inggris sekarang tidak melulu dalam bentuk tulisan saja. Ada juga novel dan bahan bacaan interaktif.

Apa itu Cerita Interaktif?

Dalam sebuah cerita interaktif, para pembaca bisa memutuskan arah cerita. Kalian membaca dan membuat keputusan ke mana arah ceritanya. Jalan cerita akan berubah seiring dengan keputusan yang kita ambil. Dengan cerita interaktif, membaca buku menjadi menyenangkan kalian juga aktif terlibat. Selain itu, satu buku memiliki berbagai cerita berbeda yang bisa kalian jelajahi.

Ada tiga jenis cerita interaktif:

Choose Your Own Adventure (CYOA): “Choose Your Own Adventure” adalah sebuah seri buku interaktif yang terkenal. Nama ini juga digunakan untuk buku cerita dengan metode yang sama. Buku-buku yang ditawarkan CYOA merupakan cerita interaktif paling dasar. Saat kalian membaca, kalian diminta untuk membuat pilihan-pilihan sebagai bagian dari bacaan. Misalnya, apakah kalian ingin menyerang sang naga? Atau apakah kalian ingin berbicara dengannya? Apakah kalian ingin memberitahu teman soal rahasia atau berbohong kepadanya? Pilihan-pilihan ini harus kalian buat.

contoh gamebook

Contoh Gamebook

Gamebooks: Gamebook menggabungkan buku dan game. Jenis ini mirip cerita CYOA dan kadang-kadang dianggap sama. Kalian masih harus membuat pilihan kemana cerita akan mengarah dan apa yang harus dilakukan. Kalian mungkin juga bisa memperoleh senjata dan baju pelindung dan melawan para monster.

-Text adventures: Text adventure adalah game komputer yang menggunakan teks untuk menunjukkan aksi. Cara kerjanya seperti “CYOA”. Perbedaannya dalam text adventure kalian mengetikkan pilihan kalian. Sebagai contohnya, jika kalian di dalam sebuah ruangan dengan lampu, kalian bisa mengetik “turn on the light”. Dalam text adventure, penulisan grammar dan spelling saat memainkan game penting karena itu kalian harus belajar grammar dan spelling.

Kenapa cerita interaktif membantu kita belajar?

Kalian mungkin sudah belajar Bahasa Inggris dengan membaca buku dan cerita. Tapi kenapa cerita interaktif juga berguna untuk belajar Bahasa Inggris?

-Banyak cerita interaktif ditulis dengan bahasa yang deskriptif tapi sederhana. “CYOA” dan gamebook utamanya ditulis untuk para pembaca muda. Hal ini berarti keduanya memiliki banyak aksi dalam waktu singkat.

-Karena dalam text adventure kalian harus mengetik pilihan-pilihan kalian, kalian bisa berlatih grammar Bahasa Inggris dasar.

-Kalian bisa membaca cerita interaktif beberapa kali dengan ending berbeda. Hal ini kalian bisa belajar lewat pengulangan, tapi tidak merasa bosan.

-Cerita interakfit bisa sangat menyenangkan dan menarik karena kalian bisa memilih arah dan akhir cerita.

Ada berbagai buku CYOA yang bisa kalian beli dalam bentuk cetak dan juga digital. Selain CYOA ada juga Choice of Games yang bisa dimainkan di komputer dan smartphone. Text adventure dan gamebook juga bisa dibeli dalam bentuk cetak dan dimainkan di smartphone sebagai aplikasi berbayar.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.