web analytics

Cara Menentukan Tenses Mana Yang Harus Digunakan

Menggunakan tense dan bentuk verb yang benar penting dalam grammar Bahasa Inggris. Berikut aturan sederhana untuk menolong kalian memilih tense yang tepat untuk digunakan: tense mana yang digunakan tergantung dari bagaimana kalian melihat kejadian atau tindakan itu.

Situasi rutin atau permanen

-Gunakan form sederhana. Simple Present dan Simple Past. Contohnya, “I live in Paris” menyatakan jika kalian sudah tinggal di Paris sepanjang hidup kalian.

“I lived in Paris when I was a child”, berarti jika kalian tinggal di Paris dalam jangka waktu lama di masa lalu. Sekarang sudah tidak lagi.

Situasi sementara atau berkelanjutan

-Gunakan bentuk berkelanjutan yaitu present continous dan past continous. Contohnya, “I’m working as a secretary at the moment” – maka pekerjaan itu tidak permanen dan mungkin orang yang menggunakan kalimat ini hanya bekerja sebagai sekretaris hingga dia menemukan pekerjaan lain.

“House prices are rising” – harga rumah terus naik dan belum berhenti naik.

“She was wearing a black dress” – kejadian di masa lalu di mana sang wanita memakai pakaian hitam saat orang yang mengatakan kalimat ini melihatnya. Sang wanita memakai baju hitam berlanjut dalam waktu tertentu di masa lalu.

Menghubungkan waktu berbeda

-Gunakan form perfect untuk menunjukkan satu peristiwa yang sudah selesai terjadi sebelum peristiwa lain dimulai. Atau menunjukkan satu situasi yang berlanjut dari waktu ke waktu. (Present Perfect, Past Perfect)

Contohnya, “I have lived here for two years” –Saya mulai tinggal di sini dua tahun lalu dan hingga sekarang saya masih tinggal di sini.

“I will have finished the report before next week” –Berarti laporan itu akan selesai sebelum minggu depan, tapi waktu pastinya belum jelas.

“He had studied law before he met her” – sebelum bertemu dengan sang wanita itu, dia belajar ilmu hukum, tapi kita tidak tahu kapan dia mulai belajar dan sampai kapan.

 

Topik yang dicari:

  • cara menentukan tenses
  • penggunaan tenses yang tepat
  • cara menentukan grammar tenses dalam sebuah kalimat
  • cara menentukan tenses dalam artikel
  • cara menentukan tenses dalam kalimat
  • cara menentukan tenses dalam sebuah kalimat
  • cara menentukan tenses yang tepat
  • cara mengetahui suatu tenses

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.