web analytics

Rahasia Sederhana Untuk Belajar Bahasa Inggris Lebih Cepat

Apakah bagian tersulit dari belajar bahasa? Karena bahasa termasuk Bahasa Inggris terasa berubah-ubah. Seakan bahasa memiliki logika tersendiri, tapi diperlukan trial and error untuk memahaminya. Apakah ada jalan pintas supaya kita bisa memahami Bahasa Inggris?

Ada sebuah cara untuk membuat proses belajar kita lebih cepat: pelajarilah kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris dan jangan fokus pada menghafal kata-kata secara individu dan di luar konteks.

word

Teknik belajar bahasa dengan belajar kalimat-kalimat disebut sentence mine atau menambang kalimat.

Apa itu sentence mining?

Bila kita mencari di Google soal “sentence mining” kita akan menemukan sebuah komunitas dari para penambang kalimat yang sering terlibat dalam debat. Sentence mining adalah proses belajar berbagai bahasa dengan cara mengumpulkan, menyimpan dan mengulas kalimat-kalimat.

Pendekatan dalam belajar Bahasa Inggris secara tradisional biasanya memerlukan kita menghafal daftar panjang berisi kata-kata yang harus dihafalkan kata per kata.

Kenapa sentence mining bekerja?

Ada beberapa alasan kenapa sentence mining menolong kita belajar Bahasa Inggris lebih cepat.

Pertama, teknik ini menolong kita menciptakan asosiasi mental dengan apa yang sudah kita tahu. Kalimat-kalimat akan membuat sebuah tempat di dalam otak kita di mana kita bisa menyimpan kata baru.

Kedua, teknik ini akan membuat kita berjumpa dengan kata dalam konteks berbeda. Hal ini mempercepat proses belajar. Mirip saat kita belajar mengenal seseorang dalam berbagai situasi sosial.

Ketiga, kata itu ibarat nama orang. Kita tidak akan benar-benar mengenal seseorang hanya dengan mengetahui nama mereka. Sama halnya kita tidak bisa mengenal kata hanya dengan melihat arti atau terjemahannya.

Sentence mining atau menambang kalimat membuat kita menguasai kata lebih cepat.

Bagaimana caranya melakukan sentence mining?

-Pertama temukan sebuah sumber yang bisa menyediakan daftar kalimat-kalimat yang akurat.

-Pilih kalimat-kalimat sederhana untuk menunjukkan arti sebuah kata.

-Simpan kalimat-kalimat itu dalam catatan atau flashcard.

-Ulas daftar kalimat-kalimat ini secara periodik.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.