web analytics

Cara Belajar Preposition (Kata Depan) dalam Bahasa Inggris

Ada dua alasan kenapa belajar preposition atau kata depan dalam Bahasa Inggris susah. Pertama, kata depan dalam bahasa ini tidak selalu logis. Sebagai contohnya, kita memakai kata “in time” (sebelum tenggat waktu/deadline) dan on time (tepat waktu) tapi tidak bisa menggunakan kata off time (tidak terlambat).

Alasan kedua, preposition bukanlah kata-kata yang mengikuti aturan grammar, yang berarti kita tidak perlu menekankan mereka saat kita bicara. Bahkan kadang-kadang susah mendengarkan preposition diucapkan dalam kalimat.

Berikut tiga tips untuk belajar preposition dalam Bahasa Inggris:

1. Belajar preposition dalam bentuk frasa

Saat kalian mencatat sebuah frasa baru, pastikan kalian juga menulis preposisi nya. Contohnya:

“on time” = tepat waktu

“in time” = sebelum tenggat waktu/ deadline

“at the same time” = di saat bersamaan

2. Latihlah pengucapan preposition

Saat kalian berlatih mengucapkan frasa-frasa, cobalah untuk menekankan hanya kata-kata utama (bukan preposition) seperti yang dilakukan native English speaker. Saat kalian melakukan hal ini, kalian akan mengerti bagaimana native speaker mengucapkan frasa yang mengandung preposition.

Dalam contoh-contoh di bawah, kata-kata yang dicetak tebal adalah kata utama yang ditekankan. Kata-kata di antara kata yang dicetak tebal tidak memperoleh penekanan (unstressed). Saat kalian mengucapkan frasa-frasa, berikan masing-masing stressed word (kata yang memperoleh penekanan) satu ketukan (contohnya satu detik). Sementara kata-kata lain yang tidak memperoleh penekanan, ucapkan dengan ketukan yang sama.

“I’m never on time in the morning.”

“You’re in luck! This phone is on sale.”

“He isn’t at work at the moment.”

3. Buatlah daftar kalian sendiri

Sebuah cara yang baik untuk belajar preposition adalah membuat daftar untuk kata-kata tematik. Lebih mudah untuk belajar vocabulary berdasarkan tema daripada belajar vocabulary berdasarkan preposition. Contohnya:

in work = memiliki pekerjaan

at work = berada di tempat kerja

out of work = tidak memiliki pekerjaan

off work = sakit sehingga tidak bisa bekerja

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.