web analytics

Memasukkan Kebiasaan Belajar Bahasa Inggris Dalam Rutinitas

Bagi beberapa orang, ada tantangan tersendiri saat akan belajar Bahasa Inggris yaitu kesibukan. Mereka merasa jika tidak ada waktu dan energi tambahan untuk belajar bahasa ini ditengah-tengah kesibukan mereka. Ditambah dengan anggapan jika belajar Bahasa Inggris itu susah, maka akhirnya mereka menyerah.

Tapi beberapa orang yang lain berusaha mencari cara supaya mereka tetap bisa belajar Bahasa Inggris di tengah-tengah kesibukan mereka. Nah, salah satu cara jitu untuk tetap belajar Bahasa Inggris di tengah-tengah kesibukan adalah dengan memasukkan proses pembelajaran ke dalam sela-sela aktivitas atau rutinitas harian kita. Dengan demikian, kita tidak perlu kuatir jika kita kehabisan waktu atau energi untuk belajar Bahasa Inggris karena kita tidak perlu merubah rutinitas kita.

Berikut metode untuk memasukkan proses pembelajaran Bahasa Inggris ke dalam rutinitas kita:

1. Ubah bahasa gadget ke dalam Bahasa Inggris

Perubahan kecil bisa membuat perbedaan besar. Setiap kali kalian menggunakan komputer, tablet atau smartphone, gunakanlah Bahasa Inggris sebagai bahasa tampilan antar muka.

2. Ikuti orang dan brand yang memakai Bahasa Inggris di sosmed

Buatlah sebuah akun sosmed khusus di mana kalian hanya mengikuti orang, selebritis atau tokoh dan brand yang memakai Bahasa Inggris. Tentunya orang atau brand ini adalah orang atau brand yang menarik minat kalian. Misalnya perusahaan teknologi favorit kalian, atau selebritis yang kalian gemari.

Kalian akan dipaksa membaca status dalam Bahasa Inggris. Selain membaca, beranikan diri untuk menulis komentar dalam Bahasa Inggris.

3. Mainkan game dalam Bahasa Inggris

Mainkan game kegemaran kalian dalam Bahasa Inggris. Misalnya kalian suka game football manager. Ubah tampilan bahasanya ke dalam Bahasa Inggris.

4. Baca dan lihat program TV dalam Bahasa Inggris

Tontonlah program-program TV berbahasa Inggris. Baca surat kabar, artikel atau buku berbahasa Inggris. Jika kalian menggemari sepak bola misalnya, cobalah cari acara yang mengulas sepak bola dalam Bahasa Inggris.

Jika hal ini masih terlalu susah, cobalah tiga hal ini:

-Tontolah sesuatu yang mudah dipahami misalnya berita atau program yang dibuat untuk anak-anak

-Tontonlah ulang acara yang tidak kalian pahami

-Tontonlah program, atau film yang sudah kalian lihat dalam Bahasa Indonesia (dubbing atau subtitle) dalam Bahasa Inggris

5. Googling dalam Bahasa Inggris

Gunakan Google.com sebagai halaman homepage dan saat mencari informasi di internet, gunakan Bahasa Inggris. Baca ulasan dalam Bahasa Inggris. Baca artikel berita dalam Bahasa Inggris.

6. Lakukan sesuatu dengan anak atau anggota keluarga dalam Bahasa Inggris

Habiskan waktu dengan anggota keluarga atau anak dengan Bahasa Inggris juga. Misalnya buatlah kesepakatan dengan kakak atau adik untuk menerapkan English day di rumah. Saat English day dimulai kalian hanya boleh bicara dalam Bahasa Inggris.

Atau jika kalian sudah berkeluarga, ajak anak membaca buku dalam Bahasa Inggris dan menonton acara TV dalam Bahasa Inggris.

Langkah-langkah kecil di atas bisa mempermudah kalian belajar Bahasa Inggris.

 

Topik yang dicari:

  • cara untuk belajar bahasa inggris sebagai kebiasaan
  • cra membuat rutinitas dng bhsa inggrs

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.