web analytics

Menggunakan Google Play Books untuk Belajar Bahasa Inggris

Google Play Books adalah aplikasi buatan Google untuk membaca e-book (electronic book) atau buku digital. Format e-book yang didukung oleh aplikasi ini adalah epub. Perbedaan antara PDF dengan epub adalah file epub memiliki teks yang bisa disesuaikan dengan layar alat yang kita gunakan untuk membacanya. File PDF susah untuk dibaca di layar kecil seperti smartphone karena teksnya tidak bisa disesuaikan ukurannya. Kita harus secara manual memperbesar teks dengan hasil yang tidak maksimal. Berbeda dengan epub, yang secara otomatis menyesuaikan format halaman dan teks dengan besar layar yang kita gunakan: smartphone, tablet, dan komputer.

Kita bisa memperoleh e-book dalam format epub dengan membelinya dari Google Play atau dari toko lain. Kalian juga bisa mengupload file epub sendiri ke dalam aplikasi ini. Nah, aplikasi Google Play Books ternyata sangat berguna untuk belajar Bahasa Inggris. Terutama jika kalian ingin mengasah skill reading, menambah vocabulary bahkan listening kalian.

Berikut beberapa fitur di dalam aplikasi ini yang berguna untuk belajar Bahasa Inggris:

1. Fitur kamus (definisi kata)

Kotak yang muncul setelah sebuah kata disentuh.

Kotak yang muncul setelah sebuah kata disentuh.

Fitur ini menunjukkan arti sebuah kata dalam Bahasa Inggris. Kita perlu koneksi internet untuk menggunakan fitur ini. Cara menggunakan fitur ini mudah, kita hanya tinggal menyentuh kata yang ingin kita ketahui artinya. Akan muncul sebuah kotak dialog. Setelah menunggu beberapa saat, kotak berisi definisi kata itu akan muncul.

Kamus atau definisi kata akan muncul otomatis.

Kamus atau definisi kata akan muncul otomatis.

2. Fitur terjemahan

Aplikasi Google Play Books terintegrasi dengan aplikasi Google Translate. Itu berarti kita bisa menerjemahkan sebuah kata ke dalam bahasa lain yang kita inginkan. Untuk menggunakan fitur terjemahan ini caranya sama dengan cara di atas. Klik sebuah kata yang ingin kita terjemahkan. Akan muncul sebuah kotak, lalu sentuh ikon Google Translate. Akan muncul kotak terjemahan, kalian hanya perlu memilih bahasa terjemahan yang kalian inginkan.

ikon terjemahan

Ikon Google Translate

fitur terjemahan 1

3. Fitur read aloud

Fitur ini untuk membaca teks dalam ebook dengan keras seperti orang mendiktekan teks. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengasah listening. Caranya adalah dengan menyentuh ikon tiga titik di samping kanan aplikasi. Lalu sentuh Read aloud. Suara yang mendikte atau membacakan teks ebook adalah suara native speaker.

fitur read aloud

Sayangnya kelemahan fitur ini adalah kecepatan suara waktu membaca biasanya cepat sehingga kita kewalahan mengikuti si pembicara. Suaranya juga biasanya datar bukan suara orang yang bercerita jika kita sedang membaca novel atau cerita dongeng.

4. Fitur note

Fitur note berguna untuk menambahkan catatan pada ebook yang kita baca. Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat koleksi vocabulary kita sendiri atau koleksi idiom/proverb/phrasal verb yang kita jumpai di ebook yang kita baca.

ikon note

Caranya sama, sentuh kata yang ingin kalian masukkan dalam note. Saat muncul kotak dialog yang sama, sentuh ikon note di bagian kotak paling kiri. Kolom note muncul, kalian tinggal menulis catatan kalian di kolom itu.

fitur note 1

Catatan note bisa disimpan di Google Drive. Dengan fitur ini, kalian bisa membuat sendiri catatan vocabulary, idiom, phrasal verb atau phrasal verb sendiri. Karena bisa disimpan di Google Drive, kalian juga bisa membagikan catatan ini kepada orang lain atau berkolaborasi untuk memperkaya catatan itu.

Topik yang dicari:

  • Aplikasi cara menerjemahkan novel bahasa inggris
  • aplikasi novel inggris dan indo

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.