web analytics

Tips Belajar Idiom Bahasa Inggris

Menggunakan idiom saat menulis atau berbicara dalam Bahasa Inggris bisa menolong kalian terdengar lebih alami dan lebih berwarna dalam penggunaan Bahasa Inggris. Berikut beberapa tips untuk belajar idiom Bahasa Inggris:

 1. Cek definisi atau arti idiom

Sama seperti belajar vocabulary atau kosa kata, pastikan kalian memiliki sebuah kamus yang baik yang dengan akurat menjelaskan idiom, jadi kalian tahu bagaimana dan kapan idiom itu digunakan. Apakah idiom itu merupakan idiom American atau British English? Apakah sopan atau tidak sopan? Salah satu kamus yang direkomendasikan adalah the Longman Dictionary of Contemporary English.

2. Hati-hati dengan jebakan

Idiom dalam Bahasa Inggris bisa jadi mirip dengan idiom dalam bahasa lain termasuk Bahasa Indonesia atau bahasa daerah yang kalian gunakan. Hal ini membuat kita bisa belajar idiom lebih mudah. Tapi pastikan kalian hati-hati untuk tidak terjebak. Pastikan kalian belajar artinya dan kombinasi kata yang benar. Misalnya, idiom yang benar adalah adalah “as good as gold” dan bukan “as good as bread”.

3 Berlatih!

Cara terbaik untuk belajar sebuah vocabulary baru adalah dengan menggunakannya! Begitu pula untuk belajar idiom. Tulislah sebuah kalimat dengan idiom baru yang kalian pelajari atau ucapkan kalimat dengan idiom itu. Semakin sering kalian mendengar, membaca dan menggunakan sebuah idiom, maka semakin mudah kita ingat idiom itu.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.