web analytics

3 Cara Untuk Berbicara Bahasa Inggris Lebih Lancar

Ada tiga cara untuk menolong kalian berbicara dalam Bahasa Inggris sehingga kalian merasa lebih percaya diri (dan terdengar lebih alami) saat kalian berbicara.

1. Gunakan kata-kata penghubung

Gunakan kata-kata penghubung (atau konjungsi atau linking word) membantu kalian menghubungkan ide-ide kalian, jadi Bahasa Inggris kalian terdengar lebih lancar. Sebagai contohnya, bandingkan dua kalimat di bawah:

“I felt tired. I went home. I watched some TV. I went to bed.”

Dan

“I felt tired, so I went home where I watched some TV and then went to bed.”

Kalimat kedua menggunakan kata-kata linking (so, where dan then) untuk menggabungkan kata dan frasa. Daripada mengatakan empat kalimat pendek, kalian mengatakan satu kalimat yang lebih panjang di mana ide-idenya terhubung.
Kita juga menggunakan kata penghubung untuk menunjukkan kontras, menunjukkan alasan atau hasil dan untuk menambahkan informasi. Gunakan kata penghubung untuk membuat kalian terdengar lebih lancar dan percaya diri.

2. Belajar menggunakan frasa di bandingkan kata-kata terpisah

Ada beberapa frasa yang sering digunakan para native speaker (penutur asli). Lebih mudah mengingat kumpulan frasa ini dibandingkan kata-kata terpisah. Jadi gunakan kumpulan frasa itu dalam percakapan.

Contoh frasa ini adalah “If I were you..” (seringkali digunakan untuk memberikan nasehat), “Do you mind if I..” (meminta izin) atau gabungan kata seperti “healthy diet”, “summer holiday”, dll.

3. Masukkan energi ke dalam suara kalian

Buat orang tertarik dengan apa yang kalian katakan dengan menggunakan intonasi dan word stress sehingga maksud kalian jelas. Ingatlah penutur asli cenderung menekankan kata-kata yang memberikan informasi (noun, verb dan adjective) sedangkan kata-kata grammar yang ada di antaranya tidak diberi penekanan.

Contoh:

Daniel likes to go for walks in the countryside at the weekend

Kata-kata yang digaris tebal adalah kata informasi.

Bahkan jika kalian tidak berbicara cepat, gunakan intonasi dan word stress dan kalian akan terdengar berbicara dengan alamiah.

Topik yang dicari:

  • Cara bicara went

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.