web analytics

7 Situs Online Untuk Chat dan Bicara Bahasa Inggris

Salah satu cara terbaik untuk belajar sebuah bahasa adalah dengan menggunakannya untuk berkomunikasi baik chat maupun berbicara. Bercakap-cakap dengan penutur asli (native speaker) akan membuat kita belajar Bahasa Inggris lebih cepat dibandingkan teknik belajar yang lain. Jika kita tidak mampu untuk pergi ke luar negeri dan belajar bahasa di sana, salah satu alternatif lain untuk menemukan penutur asli dan belajar Bahasa Inggris adalah dengan menggunakan internet.

Ada enam situs yang menyediakan layanan pertukaran bahasa online. Pengguna bisa bergabung dengan situs itu dan mencari penutur asli dalam bahasa yang ingin mereka pelajari. Jadi misalnya kita adalah penutur asli Bahasa Indonesia dan ingin belajar Bahasa Inggris. Kita bisa bergabung dan mencari penutur Bahasa Inggris yang ingin belajar Bahasa Indonesia. Kita menawarkan diri untuk mengajari mereka Bahasa Indonesia, sementara kita belajar Bahasa Inggris dari mereka. Proses belajar bisa melalui chat maupun voice call dan bahkan video call.

1. italki

Layanan yang italki tawarkan ada dua. Yang pertama kita bisa mencari guru online dari bahasa yang ingin pelajari, tapi tentunya tidak gratis. Kita harus membayar biasanya per jam untuk diajari guru itu, biasanya lewat kelas online di Skype.

Ada juga komunitas di mana kita bisa mencari teman belajar seperti yang dijelaskan di atas. Komunitas ini bersifat gratis.

2. The Mixxer

The Mixxer menawarkan layanan serupa dengan italki. Kita bisa mencari teman belajar bahasa di sini secara gratis. Komunikasi biasanya dilakukan di Skype, jadi kalian bisa bertukar akun Skype dengan penutur asli dari bahasa yang ingin kalian pelajari.

Para guru bahasa juga bisa mendaftar untuk memperoleh “teacher permissions” untuk membuat kelas mengajar di situs ini.

3. InterPals

Konsep InterPals mirip dengan konsep sahabat pena. Kita mencari sahabat pena di situs ini untuk belajar Bahasa. Tapi InterPals sendiri tidaklah dikhususkan untuk belajar bahasa, melainkan untuk menjalin persahabatan dengan orang-orang dari negara lain.

Sisi buruknya adalah tidak semua orang yang bergabung dengan InterPals memiliki niat baik untuk berteman. Oleh karena itu kita harus hati-hati.

4. Speaky

Speaky merupakan layanan baru di mana pengguna bisa mencari teman belajar bahasa yang mereka inginkan. Ada algoritma yang digunakan di situs ini untuk mencarikan teman belajar yang cocok dengan kita berdasarkan minat yang sama.

Speaky menyediakan alat sendiri untuk chat maupun melakukan voice chat di browser atau aplikasi Android. Jadi kita tidak perlu bergantung dengan Skype.

5. CoffeeStrap

CoffeeStrap mencocokan Anda dengan pengguna lain berdasarkan minat yang sama. Layanan ini juga menyediakan software untuk bercakap-cakap lewat teks, suara atau video. Ada juga software untuk melacak perkembangan belajar kita.

6. SharedLingo

SharedLingo didirikan oleh para pengguna lama dari SharedTalk. Layanan SharedTalk dulu menyediakan tempat bagi pengguna untuk chat dan voice chat dengan pengguna lain dalam bahasa yang ingin dipelajari. Tapi tanpa alasan yang jelas, SharedTalk ditutup dan para pengguna lama pun mendirikan SharedLingo. Tapi di sini biasanya para pengguna hanya chat biasa dan tidak mengkhususkan diri untuk belajar bahasa.

7. MyEnglishClub

MyEnglishClub merupakan anak cabang dari EnglishClub. MyEnglishClub merupakan sosial media yang dikhususkan untuk belajar Bahasa Inggris. Di sini kita bisa membuat profil seperti di Facebook. Menulis blog, dan chat dalam Bahasa Inggris. Untuk berlatih speaking, kita bisa menggunakan Skype.

Tapi saat menggunakan layanan ini, kalian harus berhati-hati karena tidak semua orang yang menjadi anggota memiliki niat untuk belajar dan berteman. Ada banyak troll, cyberbully yang bergabung di situs ini terutama di bagian chatnya. Hati-hati saat berbagi informasi pribadi seperti nama, foto, akun Facebook, akun Skype dll.

Catatan:

Yang perlu teman-teman ingat saat akan menggunakan keenam layanan itu adalah mungkin kita tidak akan memperoleh apa yang kita inginkan atau bayangkan. Misalnya dari pengalaman penulis saat menggunakan salah satu layanan, sulit memperoleh anggota lain yang bersedia chat atau menerima permintaan pertemanan. Sementara di layanan lain, kebanyakan pengguna hanya chat tentang hal-hal yang tidak penting.

Selain itu, perlu diingat tidak semua orang bergabung dengan keenam layanan itu dengan niat baik untuk belajar bahasa atau mencari teman, ada yang juga datang dengan niat jahat untuk melecehkan, bullying dan lain-lain. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam berbagi informasi pribadi dan jangan mudah percaya dengan orang lain.

Topik yang dicari:

  • aplikasi chatting bahasa inggris
  • chatting bahasa inggris online
  • chat online dengan orang luar negeri
  • chatting online dengan orang luar negeri
  • situs chatting untuk belajar bahasa inggris
  • teman chatting bahasa inggris
  • chating online dengan bule
  • belajar bahasa inggris dengan orang luar negeri
  • situs cari teman luar negeri
  • aplikasi chat belajar bahasa inggris

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.