web analytics

Berapa Banyak Kata yang Harus Kita Pelajari Dalam Bahasa Inggris?

Sebuah cara yang baik untuk mengembangkan Bahasa Inggris kita adalah belajar kosa kata (vocabulary) baru. Tapi berapa banyak kata yang harus kita pelajari?

Ada beberapa ahli yang mengatakan jika kalian tidak perlu belajar setiap kata baru. Kalian hanya perlu belajar kata dalam jumlah yang cukup supaya bisa berbicara atau berkomunikasi dalam Bahasa Inggris (atau saat kalian menulis). Tapi berapa banyak kata yang harus dipelajari? Bagaimana kita tahu kata-kata mana yang penting untuk dipelajari?

Para native English speaker diperkirakan tahu antara 10 ribu hingga 20 ribu kata (memahami 20 ribu hingga 30 ribu kata) sedangkan non-native tahu sekitar 3000 hingga 20 ribu kata. Menurut para ahli, kalian perlu belajar sekitar 120 kata. Rata-rata kita perlu belajar satu atau dua kata baru setiap hari.

Bagaimana kalian bisa memutuskan kata baru mana yang harus dipelajari?

Saat kalian membaca teks Bahasa Inggris, tandailah kata-kata yang tidak kalian mengerti atau muncul dalam konteks yang tidak kalian pahami. Contohnya adalah phrasal verb atau idiom di mana kata-kata individu memiliki arti khusus, tapi saat digabungkan memiliki arti berbeda.

Lalu putuskan seberapa penting kata-kata baru itu dipelajari. Jika kata-kata itu kerap muncul, maka kalian perlu menggunakan kamus untuk mengerti arti kata itu. Saat kalian menggunakan sebuah kamus, putuskan jika kata itu penting atau tidak untuk dipelajari. Apakah kalian perlu menggunakan kata ini? Ataukah kalian hanya cukup memahami konteksnya saat melihat kalimat dengan kata itu? Kamus Bahasa Inggris yang baik bisa menolong kalian dengan keputusan itu. Sebagai contohnya, jika kata baru yang tidak kalian pahami artinya muncul dalam daftar 2000 kata paling umum dalam Longman Dictionary, atau 3000 kata paling umum dalam Oxford 3000, maka kalian perlu mempelajarinya.

Bagaimana kalian bisa belajar sebuah kata baru?

Untuk belajar sebuah kata baru supaya memahami artinya dan tahu cara menggunakannya, tuliskan kata itu, ketahui artinya dan gunakan dalam latihan.

Simpanlah sebuah catatan di mana kalian mengumpulkan kata-kata dan frasa baru. Beberapa ahli berkata akan lebih mudah jika kalian mengingat kata itu atau menulisnya di kertas daripada di komputer. Gunakan kata baru itu dalam berbagai kalimat.

Lihat lagi kata itu hari berikutnya, hari kedua, minggu depan dan bulan depan. Bahkan, semakin sering kalian mengulas kembali pemahaman soal kata itu semakin kalian bisa mengingatnya dengan mudah.

Cara lain adalah menulis kata itu dalam sebuah kartu indeks dan sering-seringlah melihat kartu itu.

Pikirkan sebuah kata yang berhubungan dengan kata baru itu. Mungkin kalian bisa menggambar kata itu atau menghubungkannya dengan gambaran lain yang kalian tahu. Teruslah membaca berbagai artikel dalam Bahasa Inggris. Jika kata baru yang tidak kalian mengerti itu merupakan kata yang umum, kalian akan bisa melihatnya lagi dan lagi sehingga kalian semakin mudah mengingatnya.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.