web analytics

Cara Sederhana dan Jitu Untuk Kembangkan Pronunciation

Salah satu kesulitan yang dialami orang yang belajar berbicara dalam Bahasa Inggris adalah pengucapan (pronunciation) kata dalam Bahasa Inggris. Seperti yang kita tahu banyak kata-kata dalam Bahasa Inggris yang diucapkan berbeda dengan tulisannya. Lantas bagaimana kita bisa mengembangkan pronunciation kita? Ikuti dua langkah mudah berikut ini:

1. Dengarkan kata

Salah satu cara tercepat untuk mengecek pronunciation atau pengucapan sebuah kata dalam bahasa Inggris adalah mendengarkan bagaimana para bule mengucapkannya. Kalian bisa menggunakan aplikasi atau layanan seperti Google Translate, WordReference atau Howjsay.com untuk mengecek cara pengucapan sebuah kata.

Ada dua hal yang perlu diingat:

Pertama, jangan hanya mendengar suara vowel atau consonant, tapi juga dengarkan word stress (penekanan kata).

Sebagai contoh, penekanan pengucapan kata (word stress) “living room” adalah dalam syllable pertama. Kita mengucapkannya “LIVing room”, bukan “liVing room” atau “living ROOM”. (Bagian yang mendapat penekanan adalah yang ditulis dalam huruf besar). Jika penekanan pengucapannya salah, Anda mengucapkannya salah.

Kedua, kalian akan mendengar kata itu diucapkan di luar konteks. Contohnya, jika kalian mengecek pengucapan kata “can” (seperti dalam kalimat “I can sing”) kata “can” diucapkan /kaen/. Tapi karena kata itu kata gramatikal, maka saat dimasukkan ke dalam kalimat, kata itu tidak memperoleh penekanan (unstressed) sehingga diucapkan seperti /kun/.

Begitu pula kata “far” mungkin diucapkan seperti /faa/. Tapi jika kata itu diikuti dengan suara vowel (misalnya kata “away”) kata /r/ dari kata “far” diucapkan seperti ini:”He lives /faa raway/.”

2. Gunakan kamus

Jika kalian tidak memiliki akses internet, gunakanlah kamus. Kamus Bahasa Inggris yang baik disertai transkripsi fonetis kata itu (ditambah word stress). Cek juga bagan dan penjelasan IPA (International Phonetic Alphabet), sehingga kalian bisa membaca transkripsi fonetis dalam kamus.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.