web analytics

3 Cara Mengembangkan Level Bahasa Inggris Anda

Salah satu kendala yang dialami oleh para pembelajar Bahasa Inggris setelah belajar beberapa tahun adalah mereka merasa perkembangan mereka terhenti. Mereka ingin naik ke level berikutnya, tapi mereka tidak tahu bagaimana caranya. Metode belajar yang sudah mereka gunakan selama beberapa tahun terakhir sepertinya tidak manjur lagi. Lantas bagaimana caranya supaya level Bahasa Inggris kita meningkat dan tidak terhenti setelah kita belajar beberapa saat? Ada tiga cara sederhana yang bisa kita gunakan:

1. Belajar kosa kata (vocabulary) dengan cara yang lebih terorganisir

Cara yang bisa kalian gunakan adalah mulai membaca artikel-artikel yang diperuntukkan untuk level Bahasa Inggris kalian. Jika kalian berada di level upper intermediate atau pre-intermediate, cobalah cari artikel-artikel yang sesuai dengan tingkat Bahasa Inggris kalian.

Cara lain adalah belajar kata-kata berdasarkan tema tertentu. Misalnya kalian belajar kata-kata Bahasa Inggris terkait dengan rumah, kantor, hobi atau emosi. Kalian juga bisa memilih sebuah subyek tertentu dan mencari kata-kata Bahasa Inggris yang terkait subyek itu. Gunakanlah kamus bilingual atau Google Translate.

Tuliskan kata-kata baru yang kalian pelajari disertai contoh-contoh kalimatnya.

2. Belajar frasa-frasa umum untuk situasi tertentu

Apakah kalian tahu caranya meminta petunjuk jalan? Apakah kalian tahu caranya memesan kamar hotel? Apa yang harus kalian katakan saat berbelanja dalam Bahasa Inggris? Carilah daftar kalimat atau frasa yang digunakan untuk situasi-situasi itu. Pelajarilah, dan gunakanlah dalam latihan conversation, maka kalian akan bisa berkomunikasi dengan lancar.

Ada banyak situs di internet yang menyediakan materi percakapan untuk berbagai situasi yang disebutkan di atas.

3. Belajar bicara berdasarkan situasi

Kita tentunya menggunakan bahasa berbeda tergantung dari siapa yang kita ajak bicara. Jika kita bicara dengan atasan, dosen atau guru, bahasa yang kita gunakan pastinya lebih sopan, lebih formal dan lebih tepat.

Sementara dengan teman atau anggota keluarga kita mungkin menggunakan slang, singkatan atau bahkan kata-kata kotor. Jadi pastikan saat kita belajar kata-kata baru, perhatikan bagaimana penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Bisakah kita menggunakannya untuk situasi formal? Apakah kata-kata itu hanya bisa digunakan dalam situasi informal?

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.