web analytics

Bagaimana Belajar Kembali Bahasa Inggris Setelah Berhenti Lama

Apa yang harus kalian lakukan saat kalian sudah melupakan semua pelajaran Bahasa Inggris setelah liburan atau lama tidak belajar lagi? Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengejar kembali ketinggalan yang kalian alami:

1. Jangan bingung

Biasanya orang merasa kuatir setelah berhenti belajar Bahasa Inggris dalam waktu lama dan mulai kembali. Mereka takut jika mereka lupa semua yang mereka pelajari dan harus mengulang dari awal. Tapi ketakutan mereka itu tidak benar.

Seringkali pengetahuan Bahasa Inggris yang mereka pelajari hanya terkubur di dalam pikiran mereka. Pengetahuan itu tidak hilang tapi masih ada di pikiran mereka. Begitu kalian mulai belajar lagi, kalian akan terkejut karena ternyata masih banyak yang kalian tahu dan ingat. Jadi jangan putus asa dulu sebelum mencoba. Langkah pertama adalah jangan menyerah saat memulai kembali.

2. Dengarkan sesuatu yang pendek

Cobalah mendengarkan rekaman-rekaman percakapan atau berita yang diucapkan native speaker dari situs-situs di Internet misalnya situs BBC Learning English. Kegunaannya supaya kalian menjadi ingat kembali suara-suara dalam Bahasa Inggris. Tidak masalah jika kalian tidak paham setiap kata karena tujuan langkah ini adalah melatih telinga untuk mendengarkan intonasi orang berbicara dalam Bahasa Inggris.

3. Ulangi kembali beberapa pelajaran Bahasa Inggris terakhir

Jika kalian masih siswa atau mahasiswa, cobalah lihat kembali pelajaran Bahasa Inggris yang kalian peroleh sebelum liburan. Pastikan kalian memahami dan mencoba kembali belajar materi Bahasa Inggris yang kalian peroleh.

4. Bersiap untuk berbicara soal liburan dalam Bahasa Inggris

Ada kemungkinan guru atau dosen Bahasa Inggris kalian akan bertanya tentang liburan kalian. Bersiaplah untuk menulis atau menceritakan liburan kalian dalam beberapa kalimat Bahasa Inggris. Persiapan ini akan menolong kalian lebih percaya diri.

5. Mulailah beberapa kebiasaan baik

Berapa banyak kata baru yang kalian pelajari setiap minggu? Tetapkan sebuah jadwal untuk belajar Bahasa Inggris, misalnya 5 hingga 10 menit setiap harinya. Cobalah untuk secara teratur melakukannya maka kalian bisa mengejar kembali ketinggalan kalian.

 

Topik yang dicari:

  • belajar kembaliapa bahasa inggris nya

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.