web analytics

Bagaimana Cara Berpikir Dalam Bahasa Inggris?

Bagaimana cara berpikir dalam Bahasa Inggris sehingga kita bisa berbicara dengan lebih mudah dan cepat? Sangat sulit bagi kita berbicara dalam Bahasa Inggris tanpa terlebih dulu menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia (atau bahasa daerah kita). Tapi bila kita melakukan hal ini maka kita memahami dan menjawab dalam Bahasa Inggris dengan lebih lambat. Hal ini juga berarti Bahasa Inggris kita terdengar sedikit aneh. Bahasa Inggris dan bahasa kita mungkin memiliki kata atau susunan tata bahasa yang berbeda. Oleh karena itu menerjemahkan terlebih dulu ke dalam bahasa kita membuat Bahasa Inggris yang kita ucapkan atau tulis terdengar aneh.

Jadi bagaimana supaya Bahasa Inggris kita terdengar lebih alami dan otomatis? Berikut tiga tipsnya.

1. Kelilingi diri dengan Bahasa Inggris

Kelilingi diri kalian dengan Bahasa Inggris sehingga kalian lebih mudah berpikir dan berbicara dalam Bahasa Inggris. Baca, dengarkan dan tonton konten dalam Bahasa Inggris. Kalian bisa mendengarkan musik atau siaran radio, menonton TV, berita atau film dalam Bahasa Inggris. Perhatikan bagaimana orang merespon dalam situasi-situasi tertentu. Apakah ekspresi atau tanggapan mereka bisa kalian gunakan juga?

2. Berlatih

Berbicaralah pada diri sendiri. Katakan apa yang kalian lakukan dalam Bahasa Inggris. Hal ini awalnya sulit dan mungkin terdengar aneh. Tapi saat kalian mulai menghubungkan obyek, perasaan dan tindakan dengan daftar kosa kata (vocabulary) Bahasa Inggris, kalian akan lebih mudah mengingat.

-Tontonlah acara TV dalam Bahasa Inggris, pilihlah sebuah karakter, dan ulangi apapun yang mereka katakan. Hal ini bisa menolong kalian lebih lancar dalam berbicara juga memiliki pronunciation (pelafalan) yang baik. Selain itu, latihan ini bisa menolong kalian menghadapi situasi dalam dunia nyata saat kalian harus berbicara dalam Bahasa Inggris.

Contohnya, kalian melihat seorang karakter berkata “sure” saat karakter lain memintanya melakukan sesuatu. Maka bila ada seseorang meminta kalian melakukan sesuatu dalam Bahasa Inggris di dunia nyata, kalian sudah siap dengan jawabannya.

Latihan seperti ini membuat kalian memiliki sejumlah frasa, kalimat dan kata yang siap digunakan dalam dunia nyata. Jadi kalian tidak perlu berpikir lagi saat berbicara dalam Bahasa Inggris.

Bagaimana karakter yang kalian lihat di TV menunjukkan rasa terkejut atau marah? Cobalah tiru ekspresi dan ucapannya.

-Bacalah kalimat dalam Bahasa Inggris dengan keras supaya kalian terbiasa berbicara kata atau frasa baru.

3. Gunakan kamus mono-lingual

Daripada menggunakan kamus bilingual, cobalah gunakan kamus monolingual (Bahasa Inggris-Bahasa Inggris). Hal ini membuat kalian terbiasa membaca penjelasan dan definisi dalam Bahasa Inggris. Juga contoh-contoh kalimat dalam Bahasa Inggris.

Cobalah mengartikan kata-kata baru yang kalian pelajari dalam Bahasa Inggris dan bukan dalam bahasa asli kita.

Topik yang dicari:

  • apa bahasa inggrisnya kami sudah berpikir
  • berpikir dalam bahasa asing

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.