web analytics

3 Tips Untuk Kembangkan Pronunciation Bahasa Inggris Dengan Cepat

Mengembangkan pronunciation merupakan langkah dasar supaya kita bisa berbicara dalam Bahasa Inggris dengan lancar. Berikut ini tiga tips supaya kita bisa mengembangkan pronunciation dengan cepat:

1. Dengarkan Bahasa Inggris sebanyak mungkin

Dengarkan para native speaker (penutur asli) berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini akan menolong kalian belajar word stress, sentence stress dan intonasi secara alami. Contohnya, dengarkan di mana dan bagaimana kata-kata informatif (seperti noun, verb dan adjective) diberi penekanan saat berbicara. Bagaimana para penutur asli menaikkan atau menurunkan intonasi mereka? Cobalah dengarkan ritme (stress) dan intonasi mereka sehingga kalian juga bisa meniru saat berbicara.

Baca juga:

Belajar Linking Untuk Kembangkan Pronunciation

Belajar Word Stress

Di mana kalian bisa mendengarkan para penutur asli ini? Kalian bisa mencoba menonton film-film atau program TV dalam Bahasa Inggris. Atau menemukan materi-materi listening di YouTube. Sediakan waktu singkat setiap harinya untuk mendengar dalam Bahasa Inggris. Lima menit sehari merupakan awalan yang baik.

2. Gunakan kamus

Jika kalian tidak tahu bagaimana mengucapkan sebuah kata, dengarkan pengucapan (pronunciation). Kebanyakan kamus online memiliki audio sehingga kalian bisa belajar arti sebuah kata dan cara pengucapannya. Cara lain yang lebih kuno adalah dengan membaca transkripsi phonetis sebuah kata dalam kamus.

Baca juga:

Cara Gunakan Kamus untuk Kembangkan Pronunciation

3. Melatih suara-suara secara individual

Kalian perlu tahu di mana dan bagaimana sebuah suara diucapkan. Apakah suara itu berasal dari belakang atau depan mulut? Di mana letak lidah kalian saat suara itu dibuat? Contohnya untuk membuat suara “th”, lidah harusnya berada di antara gigi atas dan bawah. Apakah kalian perlu menggunakan bibir untuk membuat suara tertentu? Jika kalian memahami mekanisme suara, lebih mudah untuk mengucapkan kata dengan benar.

Baca juga:

6 Suara yang sulit diucapkan orang Indonesia

Belajar IPA Untuk Kembangkan Pronunciation

Lantas bagaimana belajar melatih suara-suara secara individual? Ada banyak materi yang bisa diperoleh di YouTube secara gratis. Misalnya kalian bisa belajar dari channel YouTube Rachel’s English bila kalian ingin belajar pronunciation ala American English.

 

 

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.