web analytics

Bagaimana Menulis Lebih Baik Dalam Bahasa Inggris

Banyak orang yang belajar Bahasa Inggris berkata jika menulis dalam bahasa ini lebih mudah dibandingkan berbicara karena ada lebih banyak waktu untuk memikirkan kosa kata dan grammar.

Tapi juga ada banyak hal yang harus diperhatikan saat menulis. Kesalahan-kesalahan dalam menulis bisa membuat kalian terlihat tidak profesional atau bahkan membingungkan pembaca.

Berikut ini ada tiga tips untuk menolong kalian menulis lebih baik dalam Bahasa Inggris:

1. Buatlah sederhana

Seringkali orang membuat kesalahan karena kalimat mereka terlalu panjang atau rumit. Jika kalian menulis email kepada seorang pelanggan atau teman atau rekan kerja, tulislah secara pendek dan manis:

Kepada rekan kerja:

Hi (nama)

Could you check over this statistic for me?

Many thanks!

Kepada seorang pelanggan:

Dear (nama)

Just to let you know, we can deliver your order of (item) tomorrow, between 1pm and 6pm. Please let me know if that’s an inconvenient time and we’ll reschedule.

Best wishes

(nama)

Menggunakan frasa standar (“just to let you know”) dan langsung ke intinya sesegera mungkin. Seringkali kalian tidak perlu perkenalan yang panjang.

2. Gunakan spasi

Jangan menulis paragraf yang besar atau panjang. Gunakan spasi ganda antara satu paragraf dengan paragraf lain dan tetaplah usahakan menulis dalam paragraf pendek. Setiap paragraf seharusnya hanya memiliki satu ide utama.

3. Bacalah sebelum mengirim

Telitilah kembali untuk bagian-bagian menulis yang kalian anggap sulit atau kalian tahu jika untuk bagian itu kalian sering salah. Siapa tahu ada kesalahan di bagian-bagian itu.

Contohnya:

-Subyek dan verb yang tidak konsisten:

(“All our customers report” bukan “All our customers reports”)

– Possessive adjectives yang tidak konsisten

(“My wife’s father … her father” bukan “… his father”)

– Tanda baca (punctuation) yang salah

Ada dua kesalahan yang seringkali dilakukan pembelajar Bahasa Inggris saat menulis. Pertama menulis “i” dan bukan “I” dan kedua, tidak memulai kalimat pertama dengan sebuah huruf besar.

Topik yang dicari:

  • apa bahasa inggrisnya tercapai

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.