web analytics

Kenapa Pronunciation Dalam Bahasa Inggris Sulit?

Salah satu masalah terbesar saat kalian belajar pronunciation (pengejaan) dalam Bahasa Inggris adalah karena ejaan dalam Bahasa Inggris tidak bersifat fonetis. Jadi, hal ini berarti cara sebuah kata dieja dalam Bahasa Inggris berbeda dengan cara kata itu diucapkan.

Kadang-kadang, ada cara mengeja yang berbeda dengan cara mengucapkan sebuah kata.

Contohnya suara vowel dalam kata “hair”, “bear” dan “bare” sama; dan suara vowel dalam kata “tow”, “low”, “so” dan “moan” sama.

Kadang-kadang, pengejaannya sama tapi pengucapan katanya berbeda. Kita mengucapkan suara “or” saat mengucapkan kata “four”. Tapi “our” diucapkan dengan suara “ow-er” seperti dalam kata “hour”.

Jadi bagaimana cara belajar pronunciation?

Mendengarkan dan membaca Bahasa Inggris secara bersamaan menolong kalian akrab dengan bagaimana kata-kata diucapkan. Berikut ada dua cara yang bisa kalian gunakan:

1. Download subtitle film sebelum kalian menontonnya, atau download lirik lagu dan dengarkan sekaligus baca lirik lagu itu. Tentunya lagu dan film ini haruslah dalam Bahasa Inggris.

2. Saat kalian belajar kata-kata baru, pastikan kalian tahu bagaimana pengucapannya. Gunakan kamus online untuk mengetahui pengucapan kata-kata baru itu. Ulangi beberapa kali dan cobalah ucapkan beberapa kali.

Sebelumnya, Inggrisku.net menulis tentang suara yang paling sering diucapkan dalam Bahasa Inggris. Pelajarilah suara itu dan pengucapannya supaya kalian terdengar lebih mirip para penutur asli (native speaker).

Topik yang dicari:

  • belajar pronunciation sangat susah
  • problem dalam pronunciation

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.