web analytics

Kata-Kata Mutiara Tentang Nasionalisme dan Kemerdekaan

Agustus adalah bulan yang istimewa untuk bangsa Indonesia. Tentu saja kita semua tahu alasannya, pada bulan ini Indonesia merayakan kemerdekaannya. Sebagai persiapan menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia (RI), kita akan membahas beberapa kata mutiara tentang nasionalisme. Kali ini, Inggrisku.net akan membagikan kata-kata yang pernah diucapkan pendiri sekaligus presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Kata-kata mutiara ini aslinya diucapkan atau ditulis dalam Bahasa Indonesia. Tapi kami terjemahkan ke dalam Bahasa Inggris untuk para pembaca.

Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.

Use my sufferings as testimonies that a power of a president himself is limited. This is because the power that lasts is the power of people. And beyong that is the power of God.

Ir. Soekarno


Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.

Nation that doesn’t believe in its own strength is a nation that cannot stand as an independent nation.

Ir. Soekarno


Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!

This country, the Republic of Indonesia, belongs not to a group, not to a religion, not to an ethnic group, nor to any particular custom, but all of us from Sabang to Merauke!

Ir. Soekarno


Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.

My struggle is easier because of expelling the invaders, but your struggle will be more difficult because it is against your own people.

Ir. Soekarno


Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat.

I am nothing if without the people. I am great because of the people, fighting for the people, and I am the mouthpiece of the people.

Ir. Soekarno


Sekarang hanya sekedar menyalin tulisan kata mutiara di status Facebook atau sosial media lainnya tidaklah cukup. Apalagi kalau kalian menggunakan Instagram. Kalian bisa mengubah kata-kata mutiara di atas menjadi sebuah grafis gambar yang menarik. Jangan kuatir jika kalian merasa tidak bisa menggunakan software editing foto atau grafis. Kalian bisa mencoba Canva, sebuah aplikasi di Android dan iOS untuk mengedit grafis. Proses editing bisa dilakukan dengan mudah. Canva menyediakan puluhan ribu template gambar untuk Facebook, YouTube dan Instagram. Kalian hanya tinggal memilihnya, mengubah kata-katanya, mengubah font dan ukuran huruf sesuai yang diinginkan. Cobalah cek video tutorial di bawah.

Kalian bisa melihat kata-kata mutiara yang dibuat menggunakan Canva di situs resmi Canva tentang kata-kata romantis. Ada beberapa kutipan dalam Bahasa Inggris juga.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.